IBL

Debut Klay Thompson sejak Juni 2019 menjadi sorotan utama di hari ini. Ya, total 941 hari Klay telah absen dua musim atau hampir tiga tahun kalender ia menepi. Tentunya, Klay butuh banyak adaptasi untuk gim hari ini. Di sisi lain, banyak hal pula yang sudah ia lewatkan semenjak absen.

Hal yang paling utama adalah pandemi Covid-19. Pandemi baru dinyatakan oleh PBB pada Maret 2020, hampir satu tahun sejak Klay mengalami cedera pertamanya. Sedikit mengingatkan, Klay total mengalami cedera dua kali dan dua kali pula naik meja operasi.

Di gim final melawan Toronto Raptors, ia mengalami cedera ACL. Lalu pada November 2020, saat ia mungkin kembali untuk musim 2020-2021, ia mengalami cedera Achilles yang membuatnya baru bisa kembali bermain hari ini.

Dalam kurun waktu absen itu pula, NBA telah kehilangan banyak tokoh penting. Kobe Bryant dan putrinya, Gianna, meninggal dunia karena kecelakaan helikopter. Mantan komisaris NBA, David Stern, juga telah wafat. Pun juga dengan Elgin Baylor, Jerry Sloan, serta calon ruki NBA musim ini, Terrence Clarke. 

Klay pun akan bermain dengan wajah-wajah baru di skuat Warriors. Total hanya lima pemain Warriors yang sudah ada sejak terakhir Klay bermain. Itupun ada nama Andre Iguodala yang sudah sempat pindah bahkan lolos ke final bersama Miami Heat sebelum kembali ke Warriors musim ini.

Rekan duet Klay, Stephen Curry, melesat kencang. Curry kini adalah pencetak tripoin masuk terbanyak dalam sejarah NBA. Total sudah ada 529 tripoin yang Curry masukkan di musim reguler sejak Klay absen. 

Gim lawan Cavaliers akan jadi gim ke-91 Warriors di Chase Center. Untuk Klay, ini akan jadi debutnya. Oh tentu, Klay sudah berkali-kali hadir di markas baru Warriors ini, baik sebagai penonton, atau bahkan komentator. Namun, ini akan jadi kali pertamanya bermain di San Francisco.

Tim yang jumpa Warriors di final terkahir Klay, Toronto Raptors pun sudah banyak berubah. Kawhi Leonard, Serge Ibaka, Marc Gasol, dan Kyle Lowry yang jadi kunci keberhasilan mereka menjadi juara sudah tak lagi di tim. Gasol bahkan sudah tidak ada lagi di NBA.

Bintang NBA, Russell Westbrook, sudah berpindah tim total tiga kali sejak Klay cedera. Ia membela Houston Rockets, Washington Wizards, dan kini berseragam Los Angeles Lakers. Rekan duet Westbrook kala itu di Oklahoma City Thunder, Paul George, juga sudah berseragam Los Angeles Clippers. Bahkan, seluruh skuat Thunder di kali terakhir Klay bermain sudah tidak ada di skuat Thunder sekarang.

Terakhir, lawan Klay hari ini, bahkan yang kemungkinan akan berhadapan dengannya satu lawan satu, Darius Garland, bahkan belum ada di liga. Garland masuk di NBA Draft 2019. Ini akan jadi kali pertama Klay jumpa Garland di lapangan. Dari total seluruh pemain yang terdaftar untuk Cavaliers musim ini, hanya ada tujuh nama yang sudah bermain sebelum Klay cedera.

Waktu memang tak pernah berhenti. Klay yang saat cedera berusia 29 tahun, kini ia akan menjelang usia 32 tahun. Laga debut ini pun mungkin tidak sepenuhnya berjalan mulus untuknya. Namun, seperti kata Steve Kerr, kepala pelatih Warriors, dalam beberapa kesempatan, ia tak memberikan tekanan kepada Klay. 

Itu pula yang ia harapkan kepada seluruh penggemar NBA. Biarkan Klay beradaptasi, meniti langkahnya kembali, menikmati setiap fase yang harus dilewati untuk menjadi dirinya yang dulu lagi atau bahkan melampaui pencapaiannya sendiri. Selamat datang kembali Klay Alexander Thompson!!! (DRMK)

Foto: NBA

Komentar