IBL

Mendiang Kobe Bryant memang menghabiskan seluruh perjalanan karier profesionalnya untuk kota Los Angeles, bersama Lakers. Namun, perlu diingat, Kobe memulai perjalanan hidup dan basketnya di kota Philadelphia. Ya, Kobe lahir dan sempat menghabiskan tiga tahun masa kecilnya di kota yang lebih akrab disebut Philly. Setelahnya, ia sempat berpindah ke Italia selama 10 dan lalu kembali lagi ke Philly sampai masuk ke NBA.

Nama Kobe mulai dikenal banyak pecinta basket saat masih duduk di bangku SMA. Membela Lower Merion High School, Kobe langsung menjadi starter di tahun pertama dan memimpin tim di tahun ketiga dan empatnya. Kobe pun mendapatkan sederet pengakuan dan penghargaan selama bermain di bangku SMA tersebut.

Prestasi terhebat Kobe selama di bangku SMA adalah mendapatkan undangan untuk berlatih bersama Sixers. Pelatih Sixers kala itu, John Lucas, mengundangnya berlatih dan melakukan satu lawan satu dengan Jerry Stackhouse. Ikatan Kobe dengan Philly ini yang membuat Sixers membuka peluang untuk mempensiunkan nomor punggung Kobe di SMA, nomor 33.

Dilansir Bally Sports, ide ini dibuka oleh Scott O’Neil, mantan CEO Sixers. “Ide mempensiunkan nomor Kobe ini adalah sebuah ide yang sangat didukung oleh Doc Rivers, Daryl Morey, dan Elton Brand. Bahkan, Presiden Sixers, Chris Heck, juga sangat siap untuk mewujudkan ide ini sebagai kenyataan,” terang Scott.

Scott sendiri adalah CEO Sixers dari 2013 sampai Juni 2021 lalu. Scott punya peran penting untuk Sixers dalam kurun waktu tersebut. Ia jadi sosok yang membuat Sixers mendatangkan sponsor jersei pertama untuk Sixers. Ia juga yang memastikan Sixers punya fasilitas latihan baru serta jadi tim dengan jumlah penonton di lapangan terbanyak pada 2019. Ide tentang Kobe ini tampaknya jadi ide terakhir Scott sebelum pergi dari tim.

Jika ini benar terwujud, maka ini akan jadi nomor punggung ketiga yang dipensiunkan untuk Kobe. Sebelumnya, nomor 8 dan 24 sudah dipensiunkan Lakers. Di sisi lain, Sixers pun akan menyusul Miami Heat jika melakukan hal ini. Heat adalah tim pertama yang mempensiunkan nomor punggung pemain yang tak pernah membela tim mereka. Heat mempensiunkan nomor 23 untuk Michael Jordan. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar