IBL

Filipina semakin melebarkan sayap mereka di basket dunia. Setelah membantu Sacramento Kings meraih gelar NBA Summer League, legenda Filipina, Jimmy Alapag, mendapatkan kepercayaan selanjutnya. Ia masuk ke jajaran asisten pelatih Bobby Jackson untuk tim G League Sacramento, Stockton Kings. Kabar ini diumumkan langsung oleh situs resmi Kings.

Sebelum Summer League tahun ini, Jimmy sebenarnya sudah ada di jajaran staf Kings di Summer League 2019. Namun, kala itu ia belum mendapatkan peran sebagai asisten pelatih langsung. Jimmy sendiri memutuskan pindah penuh ke Amerika Serikat bersama keluarganya selepas ABL resmi berhenti.

"Tidak ada kata-kata yang sanggup mewakili rasa syukur saya bisa bergabung ke Stockton Kings di G League musim depan," buka Jimmy di akun Instagram pribadinya. "Rasa terima kasih khusus saya ucapkan untuk Bobby Jackson dan Paul Johnson atas kepercayaan memberi saya kesempatan ini. Saya tidak sabar untuk segera bekerja!", tutupnya.

Sebelum bersama Kings, Jimmy menghabiskan karier kepelatihannya bersama tim ABL, Alab Pilipinas. Di sini ia membawa Alab meraih satu gelar juara. Semasa aktif, Jimmy adalah sosok legenda di basket Filipina. 

Ia menjadi bagian dalam sejarah Filipina yang meraih kemenangan perdana mereka dalan kurun 40 tahun gelaran Piala Dunia. Pada edisi 2014 di Spanyol, Filipina berhasil mengalahkan Senegal. Jimmy melengkapi sederet sosok dengan darah Filipina di lingkungan NBA untuk musim depan. Selain Jimmy, ada juga Jordan Clarkson bersama Utah Jazz dan ruki pilihan kedua NBA Draft 2021, Jalen Green. (DRMK)

Foto: NBA Summer League

 

Komentar