IBL

Legenda bola basket Filipina, Jimmy Alapag bergabung dengan staf kepelatihan Sacramento Kings untuk NBA musim 2023-2024. Alapag dipromosikan naik jabatan setelah dua musim bertugas sebagai asisten pelatih untuk Stockton Kings di G-League. Alapag kini bertugas sebagai asisten pengembangan pemain Kings yang berada di bawah kendali kepala pelatih Mike Brown. 

"Dengan bangga mengumumkan saya akan bergabung dengan Pelatih Mike Brown dan stafnya sebagai Pelatih Pengembangan Pemain untuk musim NBA mendatang," tulis Alapag, dalam akun Instagram-nya. "Sangat diberkati dan berterima kasih atas kesempatan ini."

Alapag bergabung dengan Kings pertama kali menjabat sebagai asisten pelatih pada tahun 2019. Kemudian dia kembali sebagai asisten pelatih di Summer League 2021. Setelah itu, manajemen Kings mengangkatnya sebagai staf pelatih Stockton Kings pada Agustus 2021 hingga 2023. Sekarang Alapag kembali ke tim utama, untuk membantu pengembangan pemain. 

Jimmy Alapag lahir di San Bernardino. Pria berusia 45 tahun ini dulunya adalah PBA Rookie of the Year pada tahun 2003, juara PBA enam kali, PBA All-Star 11 kali, dan MVP PBA pada tahun 2011. Alapag memulai karir kepelatihannya di Filipina. Setelah pensiun dia memimpin San Miguel Alab Pilipinas menjuarai ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018. 

Alapag dikenal sebagai pemain andalan timnas bola basket Filipina. Dia bermain untuk Gilas di kompetisi internasional sejak 2007 hingga 2013. Sehingga dia menyandang julukan "The Captain". (*)

Foto: Instagram Jimmy Alapag

Komentar