IBL

Marques Bolden menjadi pemain yang berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Summer League NBA 2021. Bolden bergabung dengan Washington Wizards. Timnas Indonesia melalui manajer Maulana Fareza Tamrella sangat mendukung langkah Bolden dalam meniti karir di NBA.

Baca juga: Marques Bolden Masuk Roster Wizards untuk Summer League 2021

Bolden tahun lalu ada di tim Cleveland Cavaliers. Bulan lalu, Bolden secara resmi menjadi WNI. Dia menjadi pemain yang diproyeksikan memperkuat Indonesia di FIBA Asia Cup 2021. Tapi sebelum itu, dia ingin mencoba peruntungan di NBA melalui Summer League.

"Ini adalah momen bersejarah bagi kemajuan basket Indonesia, Marques sebagai WNI akan bermain di Summer League," kata manajer timnas Indonesia, Maulana Fareza Tamrella. "Jadi mari bersama-sama menyaksikan penampilan Marques di Summer League 2021 dan selalu memberikan dukungan yang positif dan maksimal untuknya. Semoga dia bisa mengharumkan nama Indonesia di NBA."

Menurut Fareza, tampil di Summer League menjadi kesempatan berharga bagi Bolden. Dia bisa menunjukkan kemampuannya agar bisa direkrut oleh klub NBA. Pihak timnas Indonesia mendukung penuh langkah ini demi masa depan karir pemain naturalisasi tersebut. Ditanya soal jadwal turnamen-turnamen yang diikuti timnas Indonesia dan NBA, Fareza menuturkan tidak akan ada masalah. Meski Bolden nantinya bermain di NBA, dia masih punya kesempatan membela timnas Indonesia, terutama di FIBA Asia Cup 2021.

"Kalau secara jadwal, NBA musim depan (2021-2022) kemungkinan selesai pada bulan Juni. Sementara FIBA Asia Cup 2021 dilaksanakan bulan Juli 2022. Maka Marques masih memungkinkan untuk bergabung dengan timnas Indonesia, sebelum kejuaraan yang digelar di Jakarta itu," kata Mocha, sapaan akrab Fareza Tamrella.

Kalau nantinya Marques mendapatkan kontrak dengan tim NBA, maka muncul kekhawatiran lain, yaitu tentang ketatnya aturan liga tersebut. Ada beberapa kasus di mana pemain tidak bisa membela negaranya di kejuaraan lain. Fareza sudah mengantisipasi hal tersebut. Kemudian kalau Marques jadi bintang NBA di kemudian hari, maka gajinya sebagai pemain tentu lebih besar dari sekarang.

"Dari awal Marques sudah berkomitmen untuk membela timnas Indonesia. Seperti Rui Hachimura dengan timnas Jepang. Jadi apabila ada kesempatan dan memungkinkan untuk membela timnas Indonesia, Marques akan tampil," jelasnya.

"Mengenai gaji atau hal-hal terkait finansial lain, itu sudah menjadi hal yang lumrah. Kami dari timnas berharap kerjasama yang dimulai dengan itikad baik dan hubungan kedua belah pihak juga berjalan lancar, idealnya akan saling mengerti satu sama lain."

Sementara itu, Washington Wizards melalui akun Twitter-nya, kemarin memperkenalkan enam pemain baru. Mereka didapatkan dari pertukaran pemain dan bursa pemain bebas (free agent). Enam pemain baru Wizards antara lain Kentavious Caldwell-Pope, Spencer Dinwiddie, Montrezl Harrell, Aaron Holiday, Kyle Kuzma, Isaiah Todd. Wizards juga mengunggah video ucapan terima kasih untuk Russell Westbrook, yang kini bermain untuk Los Angeles Lakers. (tor)

Foto: Twitter Washington Wizards

Komentar