IBL

Timnas Indonesia akan bertanding di FIBA World Cup 2023 Qualifiers Window 1 di Lebanon, pada akhir bulan November nanti. Di waktu yang bersamaan, pemain naturalisasi Indonesia Marques Bolden juga tampil di NBA G League bersama Salt Lake City Stars. Karenanya, Bolden dipastikan absen membela timnas di Lebanon. 

NBA G League 2021-2022 digelar mulai 5 November 2021 hingga 2 April 2022. Semua pertandingan berlangsung di ESPN Wide World of Sports Complex, Florida, Amerika Serikat. Sebelumnya, diberitakan bahwa pemain naturalisasi Indonesia Marques Bolden masuk roster SLC Stars. Karenanya, Bolden tidak akan membela Indonesia saat bertandang ke Lebanon, untuk mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2023 jendela pertama.

"Marques Bolden tidak akan bermain di Window 1," kata manajer timnas, Maulana Fareza Tamrella, kepada Mainbasket. 

Pria yang akrab disapa Mocha tersebut menjelaskan bahwa pemain yang sudah kompetisi dan bertanding di NBA G League tidak bisa diganggu. Namun sebagai gantinya, akan ada Brandon Jawato dan Lester Prosper. Mereka berdua segera menyusul timnas Indonesia yang kini berlatih di Amerika Serikat.

Meski tidak bisa menurunkan Bolden, namun Mocha sebagai perwakilan timnas Indonesia turut bangga dengan pencapaian salah satu pemain naturalisasi tersebut. Dia ingin masyarakat Indonesia memberi dukungan positif. 

"Masuknya Marques (Bolden), di NBA G League, dan bermain untuk Salt Lake City Stars merupakan suatu kebanggaan untuk bila basket Indonesia. Marques akan menjadi pemain Indonesia pertama di ajang tersebut," tambahnya.

Kalau melihat jadwal penyelenggaraan NBA G League musim ini, diperkirakan akan selesai pada bulan Mei 2022. Mocha berharap setelah kompetisi tersebut selesai, Bolden bisa terbang ke tanah air. Sebab, timnas Indonesia akan melakukan persiapan untuk mengikuti FIBA Asia Cup 2021, yang rencananya digelar pada bulan Juli 2022. Kejuaraan ini sebelumnya mengalami penundaan selama setahun karena pandemi covid-19 gelombang kedua, pada pertengahan tahun ini. (tor)

Foto: facebook Salt Lake City Stars

Komentar