IBL

Setelah mendapat restu dari DPR RI minggu lalu, calon pemain naturalisasi hari ini mengambil sumpah. Dengan ini, maka tuntas sudah proses naturalisasi pemain. Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden kini sudah resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Ketiganya mengambil di Aula Lantai 4 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Senin siang, 19 Juli 2021.

Kegiatan berlangsung dengan khidmat dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian pembacaan naskah pelantikan serta pembacaan janji setia kepada Negara dipimpin oleh Ibnu Chulun selaku Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Sutirah).

"Mereka sangat bahagia dan bangga sudah resmi menjadi WNI. Mereka bertekad akan memberikan segala kemampuannya di lapangan untuk Indonesia dan berusaha semaksimal mungkin untuk membawa Indonesia menjadi tim yang diperhitungkan di level international," terang Manajer Timnas Bola Basket Indonesia Maulana Fareza Tamrella.

Ketiga pemain tersebut, bersama Lester Prosper dan Brandon Jawato, sudah mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia. Mereka akan melakukan persiapan untuk mengikuti FIBA Asia Cup 2021, di Jakarta.

"Dengan gabungnya ketiga naturalisasi ini, kami sangat optimistis bisa bermain di FIBA World Cup 2023 dengan menembus peringkat delapan di FIBA Asia Cup nanti," tegas Fareza.

Soal status pemain, mereka bertiga sudah resmi WNI. Tapi soal status di hadapan FIBA, masih ada yang perlu diproses lagi.

"Hari ini paspor bisa keluar. Kalau untuk Dame dan Serigne bisa dianggap lokal karena mendapatkan paspor sebelum usia 16 tahun. Tapi hal ini masih perlu approval dari FIBA. Kalau disetujui, mereka bisa tampil bersama Marques atau Lester," kata Mocha, sapaan akrabnya.

Sekjend PP Perbasi Nirmala Dewi menyambut baik naturalisasi duo Senegal Dame Diagne dan Serigne Modou Kane yang masih di bawah 16 tahun. Kemudian juga Marques Bolden yang kelahiran Texas 17 April 1998.

"Kami senang mereka sudah menjadi WNI. Kami sangat yakin bisa bersaing dan bawa bangga Indonesia dengan suntikan tenaga segar dari mereka," terang Nirmala. (tor)

Foto: Kementrian Hukum dan HAM

Komentar