IBL

Kaleb Wesson sempat santer di media sosial disebut-sebut sebagai bakal calon pemain basket naturalisasi Indonesia yang baru. Ia akan menyusul Lester Prosper dan Brandon Jawato yang sudah resmi jadi WNI tahun lalu. Terakhir bermain untuk Santa Cruz Warriors di NBA G-League, Kaleb mencetak rata-rata 11,0 poin, 9,9 rebound, 2,7 asis, 1,0 steal, dan 0,9 blok dalam 11 pertandingan. Pemain dengan tinggi badan 2,11 meter tersebut mampu menembak 32 persen dari tripoin dengan rata-rata 4,0 percobaan per gim. Sebelum ke Santa Cruz Warriors, Kaleb tak terpilih (undrafted) di NBA Draft 2020. Ia menghabiskan tiga tahun sebagai pemain Ohio State University. Usianya saat ini masih 21 tahun.

Pada hari Senin, 29 Maret 2021, dalam Instagram Stories-nya, Brandon Jawato terlihat berfoto bersama Kaleb Wesson, dan manajer timnas Indonesia Maulana Fareza Tamrella. Wesson sudah mendarat di tanah air sebagai bakal calon pemain naturalisasi Indonesia.

"Jadi memang rencana awalnya, timnas akan menambah pemain naturalisasi di posisi bigman. Tujuannya agar ada persaingan sehat antara (calon) pemain naturalisasi yang baru ini (Kaleb Wesson) dengan Lester Proser. Kami ingin pemain yang tampil di pertandingan internasional FIBA merupakan yang terbaik. Sampai saat ini, kami hanya punya Lester saja. Untuk menjaga kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera, maka kami mencoba mencari pemain naturalisasi lainnya," kata Fareza, Senin (29 Maret) malam lalu.

Saat itu, manajemen timnas Indonesia meminta agar rencana naturalisasi tidak dipublikasikan dulu, mengingat proses naturalisasi belum berjalan. Kalau sudah ada kepastian, maka timnas akan mengumumkan secara resmi. Sebab untuk proses naturalisasi, Wesson harus menjalani serangkaian wawancara dengan pihak-pihak terkait. Itu direncanakan berlangsung pada hari Rabu, 31 Maret.

Pada hari yang sama (Rabu, 31 Maret 2021), situs berita olahraga Belgia, sporza.be mengeluarkan berita tentang Kaleb Wesson. Dalam berita tersebut tertulis bahwa Wesson akan bermain di tim Filou Oostened di Pro Basketball League (PBL) Belgia. Wesson akan menggantikan Thomas Weish yang cedera. Sehari setelahnya, akun instagram @basketbalcluboostend juga merilis kabar yang sama. Bahkan ada foto Kaleb Wesson berseragam Golden State Warriors. Mereka mengucapkan selamat datang kepada Wesson yang akan bermain untuk klub tersebut mulai 9 April 2021.

Lalu bagaimana dengan rencana naturalisasi timnas Indonesia?

Manajer timnas Indonesia, Fareza Tamrella menjelaskan kemudian. Wesson bukan satu-satunya bakal calon baru pemain naturalisasi basket timnas Indonesia. Timnas masih punya nama-nama lain. Wesson batal, karena terhalang proses administrasi.

"Kaleb Wesson terganjal proses administrasi. Ada beberapa hal terkait kewarganegaraan yang masih jadi ganjalan bagi Kaleb dan keluarganya. Sehingga kami memutuskan untuk tidak melanjutkan proses tersebut," ungkap pria yang akrab disapa Mocha tersebut, Sabtu, 3 April 2021.

Prioritas pemain naturalisasi yang dicari adalah pemain sekelas G League. Saat ini memang sudah ada beberapa kandidat. Namun karena ada yang bermain di NBA dengan kontrak 10 hari, maka proses naturalisasi tidak bisa dijalankan.

"Apabila pemain tersebut tidak diperpanjang kontraknya oleh klub NBA, dan berstatus 'free agent', maka kami punya kesempatan untuk melakukan proses naturalisasi. Mengingat, target timnas Indonesia harus bisa mendapatkan paspor untuk pemain tersebut sebelum FIBA Asia Cup di Jakarta berlangsung," katanya.

Timnas Indonesia sekarang cukup fokus mencari pemain naturalisasi baru. Pemusatan latihan juga belum bisa dilakukan, karena FIBA belum menetapkan kapan akan digulirkan kualifikasi jendela ketiga untuk Kualifikasi Piala Asia 2021. Sementara itu, para pemain timnas kini tampil bersama klubnya masing-masing di IBL 2021. Sedangkan Brandon Jawato dan Lester Prosper, termasuk kepala pelatih Rajko Toroman yang kini sedang berada di Serbia, absen. (tor)

Foto: Facebook Santa Cruz Warriors

 

Komentar