IBL

Jepang lolos ke semifinal dengan kemenangan dramatis 86-85 atas Belgia, Rabu, 4 Agustus 2021. Kemenangan ini membuat Jepang untuk kali pertama dalam sejaraj keikutsertaan mereka di Olimpiade berhasil lolos ke semifinal.

Tripoin Saki Hayashi di sisa 15 detik pertandingan jadi penentu kemenangan Jepang. Belgia sendiri mendapatkan penguasaan bola terakhir dan berusaha mencari dua poin di area perimeter. Sayangnya, tembakan Kim Mestdagh tak menemui sasaran. Kim sendiri adalah opsi yang cukup baik mengingat ia adalah top skor kedua Belgia hari ini dengan 24 poin. Namun, keberuntungan memang sedang tidak memihak Belgia.

Sebaliknya dengan Hayashi, ia sebenarnya tidak sedang dalam performa terbaiknya. Selama 29 menit, ia hanya memasukkan 3/8 tembakan yang seluruhnya tripoin (38 persen). Bahkan, sebelum tembakan kemenangan tersebut, Hayashi gagal di lima percobaan beruntun. Kepercayaan diri Hayashi membawa Jepang mengukir sejarah.

Top skor Jepang adalah Yuki Miyazawa dengan 21 poin. Maki Takada menambahkan 19 poin. Himawari Akaho 12 poin sedangkan Nako Motohashi mencetak 10 poin. Garda utama Jepang, Rui Machida, menjalankan tugasnya dengan apik melalui catatan dobel-dobel 10 poin plus 14 asis. Rui juga hanya membuat satu turnover. Rui adalah pemilik rataan asis terbanyak di Olimpiade kali ini baik dari sektor putri atau putra dengan 12,7 asis per gim.

Jepang akan menanti pemenang dari Spanyol lawan Prancis. Semifinal putri akan dimainkan lusa. (DRMK)

Foto:FIBA

Komentar