IBL

Tim putri Jepang membuat kejutan sekaligus mematahkan prediksi semua orang di semifinal putri Olimpiade 2020 Tokyo. Di luar dugaan, Jepang mengalahkan Prancis dengan skor 87-71, di Saitama Super Arena, Jumat malam. Prancis tumbang, meski unggul 22-14 di kuarter pertama.

Sebenarnya, kedua tim sudah pernah bertemu sebelumnya di babak penyisihan grup. Jepang dan Prancis sama-sama menjadi penghuni Grup B, bersama Nigeria dan Amerika Serikat. Jepang menangg 74-70 atas Prancis di babak penyisihan. Mereka hanya sekali kalah dari Amerika Serikat (69-86).

Awalnya semua menyangka kalau Prancis bakal membalas kekalahan di babak penyisihan. Sebab, Prancis memimpin 22-14 di kuarter pertama. Jepang tampil dengan akurasi tembakan yang lebih baik di kuarter ketiga. Mereka memasukkan empat kali tripoin untuk membalikkan keadaan jadi 41-34.

Di babak kedua, Jepang semakin menggila. Mereka bisa unggul 27 poin. Saat waktu tersisa dua menit, Prancis masih tertinggal 22 poin. Dengan jumlah defisit sebanyak itu, mustahil bagi Prancis untuk bangkit dalam waktu singkat.

Rui Machida jadi pahlawan Jepang. Dia mencetak 18 asis dan menyumbang 9 poin di laga tersebut. Saat dia di lapangan, Jepang bisa memasukkan lebih dari 32 poin per gim dari paint area. Himawari Akaho mencetak 17 poin, sedangkan Yuki Miyazawa menambahkan 14 poin, 7 rebound, dan 3 asis.

Jepang unggul asis dari Prancis dengan catatan 28-21. Mereka juga unggul di paint area (42-36), dan poin dari fast break (24-12). Jepang memasukkan 11 tripoin dari 22 percobaan sepanjang pertandingan ini.

Jepang membuat sejarah khususnya di cabang olahraga bola basket putri. Satu-satunya prestasi tertinggi Jepang adalah menjadi runner-up di FIBA Women's Basketball World Cup pada tahun 1975. Sejak saat itu mereka tidak pernah lagi mencetak prestasi empat besar di ajang internasional sampai sekarang. Namun hari ini, Jepang bisa sampai ke Final Olimpiade 2020 Tokyo, dan bisa menantang Amerika Serikat.

Kepala pelatih tim putri Jepang, Tom Hovasse, lima tahun lalu mengatakan bahwa tujuan tim ini adalah memenangkan Olimpiade, dan melawan Amerika Serikat di final. Kini mereka sudah sampai di titik tersebut. Final basket putri Olimpiade Tokyo akan digelar hari Minggu, 8 Agustus 2021. Jepang akan berhadapan dengan Amerika Serikat. (tor)

Foto: fiba.basketball

 

Komentar