IBL

Jelena Brooks mencetak 18 poin ketika Serbia menang 77-70 atas Tiongkok, Rabu siang. Lewat hasil tersebut, Serbia lolos ke semifinal Olimpiade 2020 Tokyo.

Jelena Brooks, Ana Dabovic, Sonja Vasic, dan Dajana Butulija merupakan nama-nama pemain senior di tim putri Serbia. Mereka yang mengambil alih permainan ketika Yvonne Anderson sebagai pencetak poin terbanyak, mendapat pengawalan ketat dari tim Tiongkok. Akhirnya Brooks yang sudah berusia 32 tahun mampu mengurai tekanan Tiongkok, khususnya di kuarter keempat.

Serbia sempat tertinggal 49-58 di akhir kuarter ketiga. Tapi pengalaman berbicara. Serbia yang punya usia rata-rata 30 tahun di rosternya, bisa menguasai keadaan. Sementara Tiongkok dengan rata-rata usia pemain 25 tahun, bermain kurang konsisten di akhir laga. Buktinya, di kuarter keempat, Serbia unggul 28-12 dan mengunci kemenangan.

Jelena Brooks mencetak 18 poin, disusul Sonja Vasic (16 poin), dan Ana Dabovic (13 poin). Dari tim Tiongok, Shao Ting mencetak 17 poin, lalu diikuti Han Xu (15 poin), dan Li Yueru (12 poin).

Serbia akan berhadapan dengan Australia atau Amerika Serikat. Dua tim yang sama-sama menjadi unggulan di Olimpiade 2020 Tokyo untuk cabang olahraga basket putri. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar