IBL

Kekalahan atas Jepang di semifinal, tidak membuat semangat tim basket putri Prancis mengendur. Justru mereka tampak bersemangat saat berhadapan dengan Serbia di perebutan medali perunggu Olimpiade 2020 Tokyo. Prancis menang 91-76 di laga ini, dan berhak membawa pulang medali perunggu.

Pertandingan ini seperti ajang balas dendam bagi tim Prancis. Sebab, mereka kalah dari Serbia di Final Women's EuroBasket, pada bulan Juni 2021 lalu. Sementara, harapan mereka untuk mendapatkan medali emas, atau setidaknya mempertahankan medali perak Olimpiade 2012 London, sudah pupus setelah kalah dari Jepan, kemarin malam. Jadi tidak ada pilihan lain bagi Prancis, selain memaksimalkan laga ini agar mereka bisa membawa pulang medali.

Serbia sempat memimpin 23-19 di kuarter pertama. Tapi Prancis bisa kembali menemukan permainan terbaiknya di kuarter kedua. Sepanjang pertandingan, Prancis benar-benar solid dengan mencetak akurasi tembakan 52 persen. Di pertengahan kuarter keempat, Prancis melaju 12-0 untuk memberi mereka keunggulan 7 poin atas Serbia. Inilah momentum kemenangan Prancis.

Tujuh pemain Prancis mencetak poin digit ganda. Namun yang terbaik adalah Gabby Williams dengan catatan 17 poin, 8 rebound, dan 4 asis. Pemain harapan Prancis, garda muda Marine Fauthoux mencetak 12 poin. Sebaliknya, perolehan poin Serbia dipimpin oleh Yvonne Anderson dengan catatan 24 poin.

Sementara itu, laga ini merupakan penampilan terakhir dua pemain senior Serbia, yaitu Sonja Vasic dan Jelena Brooks. Keduanya memutuskan pensiun dari timnas Serbia. Kedua pemain sama-sama berusia 32 tahun.

"Saya merasa tenang dengan keputusan ini. Tidak ada yang perlu disesali. Tidak perlu malu, saya bangga dengan tim ini," ungkap Sonja Vasic, dikutip dari fiba.basketball.

Bagi tim putri Prancis, hasil ini menambah pundi-pundi medali di gelaran Olimpiade, khususnya di basket putri. Tim putri Prancis pernah mendapatkan 1 medali perak dan 1 medali perunggu. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar