IBL

Amerika Serikat memenangkan medali emas setelah mengalahkan Prancis 87-82, Sabtu, 7 Agustus 2021. Ini adalah emas keempat beruntun Amerika Serikat di sektor putra dan ke-16 secara keseluruhan keikutsertaan mereka (19 kali). 

Kevin Durant jadi pemain terbaik Amerika Serikat di gim ini dan keseluruhan Olimpiade. Kali ini ia mencetak 29 poin, 6 rebound, dan 3 asis. Ini adalah emas Olimpiade ketiga Durant. Durant tak pernah tidak meraih emas saat main di Olimpiade.

Jayson Tatum menambahkan 19 poin dan 7 rebound dari bangku cadangan. Jrue Holiday dan Damian Lillard masing-masing mencetak 11 poin. Untuk Prancis, ini adalah medali perak ketiga mereka. Untuk medali perunggu sendiri masih belum menemukan pemenang karena gim antara Australia dan Slovenia baru akan digelar malam nanti.

Gim sendiri sebenarnya berlangsung cukup di bawah kontrol Amerika Serikat. Meski jarak tak pernah benar-benar lebar (14 poin tapi tidak lama), Amerika Serikat terus berhasil lolos dari kejaran Prancis. Selain akurasi yang terus membaik seiring waktu, Amerika Serikat juga sangat terbantu dengan kesalahan-kesalahan sendiri yang dibuat para pemain Prancis.

Total Prancis membuat 18 turnover sedangkan Amerika Serikat hanya separuh dari jumlah tersebut. Buruknya lagi, beberapa turnover terjadi saat momentum sebenarnya ada di tangan Prancis. Nando De Colo membuat tiga turnover, dua di antaranya saat Prancis sedang menipiskan jarak jadi dua poin. Thomas Heurtel pun demikian, dua dari empat turnover yang ia buat terjadi secara beruntun dan langsung berubah jadi poin untuk Amerika Serikat. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar