IBL

Kyle Lowry yang dianggap sebagai bintang terbesar Toronto Raptors akhirnya pergi setelah sembilan musim. Uniknya, Lowry membuat pengumumannya kepindahannya di akun media sosial pribadinya. Bukan melalui media atau NBA Insider. Lowry menandatangani kontrak senilai AS$90 juta untuk tiga tahun ke depan.

Lowry membuat sebuah unggahan di Instragram Stories yang diikuti oleh 907 ribu pengikut. Lowry menuliskan "Miami Heat X Kyle Lowry. Let's Goo!!". Lalu ditambah dengan lima emoji api. Kemudian 45 menit setelah unggahan tersebut, baru Adrian Wojnarowski dari ESPN menjelaskan situasi yang terjadi. Ini unik, karena biasanya NBA Insider lebih dulu mengabarkan, baru pemainnya.

Veteran 15 tahun di NBA itu sudah menghabiskan sembilan musim terakhir di Toronto. Pemain berusia 35 tahun tersebut juga dipantau oleh New Orleans Pelicans, Dallas Mavericks, New York Knicks hingga Philadelphia 76ers. Namun akhirnya, Miami Heat yang berhasil mendapatkan tanda tangannya.

Lowry meninggalkan Raptors setelah memimpin musim paling sukses dalam sejarah klub dengan memenangkan gelar juara NBA 2019. All-star enam kali tersebut juga pernah membawa Raptors ke babak playoff dalam tujuh musim berturut-turut dari 2013 hingga 2020. Namun musim lalu, cedera menyulitkannya. Lowry hanya bermain 46 kali dari 72 pertandingan di liga. Meski demikian, Lowry tetap mampu mencatatkan 17,2 poin dan 7,3 asis per gim, yang menjadi catatan terbaik kedua di sepanjang karirnya.

Saat bursa pemain "free agent" dibuka, Heat membuat langkah yang tepat. Mereka memperpanjang kontrak Jimmy Butler, Duncan Robinson, dan Goran Dragic. Mereka semakin membuat Lowry bersemangat. Sebab, pada bulan Mei lalu, Lowry jujur mengatakan kalau dirinya ingin bermian di tim yang punya kans bersaing mendapatkan gelar juara NBA. Raptors yang baru dianggap kurang kuat untuk bersaing dengan tim papan atas di liga.

"Saya ingin juara. Itu selalu menjadi tujuannya. Uang bisa datang setelahnya. Tapi gelar juara adalah kunci, mengapa saya mencintai permainan ini," kata Lowry yang kini bermain bersama sahabatnya, Jimmy Butler.

Kyle Lowry diakuisisi oleh Toronto Raptors pada Juli 2012. Lowry adalah anggota tim juara Raptors 2019 yang keluar, setelah Kawhi Leonard, Marc Gasol, Danny Green, Norm Powell dan Serge Ibaka. Gaji Lowry musim lalu mencapai AS$30,5 juta. Menurut HoopsHype, dia menghasilkan lebih dari AS$190 juta selama bermain di NBA. (tor)

Foto: CBS Sports

Komentar