IBL

Garda Toronto Raptors Fred VanVleet mencetak 36 poin ketika timnya berhasil menahan Miami Heat dengan skor 107-103, di lanjutan NBA, Senin, 3 Agustus 2020 waktu setempat. Ini merupakan poin tertinggi sepanjang karier VanVleet di NBA sejak 2016.

Pertandingan Raptors melawan Heat berlangsung sengit hingga detik-detik akhir. Jimmy Butler punya kesempatan memberikan bola pada Goran Dragic di sisa tujuh detik. Sayangnya, bola tersebut dicuri oleh VanVlet, yang berakhir dengan pelanggaran oleh Dragic. Berkat dua tembakan gratis dari Pascal Siakam, Raptors menjauh 105-101. Padahal kesempatan itu bisa saja membuat Heat menyamakan skor.

Malam itu, VanVleet tampil membara. Selain mencetak poin terbanyak, garda yang dikenal sebagai "Steady Freddy" tersebut menambahkan 5 rebound, 4 asis, dan 1 steal. Sementara akurasi tembakan keseluruhan yaitu 8 dari 16 percobaan, dengan tujuh kali tripoin. Tapi yang istimewa VanVleet memasukkan 13 dari 13 kesempatan tembakan gratis.

Pascal Siakam menyusul di belakang Van Vleet dengan mencetak 22 poin. Lalu Serge Ibaka menyumbang 15 poin, dan Kyle Lowry 13 poin. Kali ini pemain Raptors bertahan dengan bagus. Sama ketika mereka menahan Miami Heat dengan skor terendah musim ini, 90-83, pada 2 Januari 2020 lalu. Kali ini Raptors juga melakukan strategi yang sama saat menghadapi Heat. Mereka menahan laju Jimmy Butler.

"Pertandingan di "gelembung" ini tidak akan mudah. Tim tidak akan bisa menang di atas 10 poin. Sebab, semua tim pasti berusaha keras memenangkan pertandingan. Menutup dengan kemenangan, itu yang paling penting. Fokus di pertahahan, itu yang kami lakukan sekarang," kata Pascal Siakam usai pertandingan.

Di kubu Miami Heat, Goran Dragic memimpin rekan-rekannya dengan torehan 25 poin, disusul Kelly Olynyk (17 poin). Jimmy Butler dan Jae Crowder sama-sama menyumbang 16 poin pada gim tersebut. Sayangnya, upaya Butler di detik terakhir gagal, sehingga mereka harus menelan kekalahan.

Raptors memang punya tugas berat untuk mempertahankan gelar juara di "gelembung" NBA. Tetapi kemenangan besar 107-92 atas Los Angeles Lakers di gim sebelumnya, membuktikan bahwa mereka siap untuk target besar tersebut. Raptors akan bertanding kembali hari Rabu, 5 Agustus 2020 waktu setempat. Mereka akan berhadapan dengan Orlando Magic. Setelah itu, Raptors akan ditunggu saingat terberatnya, yaitu Boston Celtics, di hari Jumat depan. (tor)

Foto: NBA

Komentar