IBL

Boston Celtics kini unggul 3-2 di seri Semifinal Wilayah Timur, menyusul kemenangan 111-89 atas Toronto Raptos, Senin, 7 September waktu setempat. Pertahanan yang bagus membuat Celtics bisa unggul cepat di awal. Pemain Raptors tampak frustasi di gim ini.

Strategi kepala pelatih Celtics Brad Stevens sederhana, yaitu para pemain diminta untuk meningkatkan pertahanan dulu. Ini dilakukan agar Raptors tidak bisa mencetak poin di menit-menit awal. Setelah itu, mereka akan mudah mengatur irama permainan. Para pemain Celtics pun melakukan persis seperti yang diminta Brad Stevens. Celtics membuat para pemain Raptors frustasi karena tidak bisa mencetak poin.

Raptors hanya mampu memasukkan 2 dari 15 percobaan tembakan dari 18 possession. Mereka hanya mencetak lima poin. Semakin buruk ketika para layup tidak masuk dan beberapa tembakan air-ball. Sementara di delapan menit babak pertama, Raptors sudah membuat lima kali turnover.

Kondisi tersebut membuat pemain Raptors semakin frustasi dan terburu-buru melakukan tembakan. Celtics dengan nyaman memimpin 18-5 di awal gim, dan menutup dengan keunggulan 25-11 di kuarter pertama.

Memasuki kuarter kedua, Celtics lagi-lagi berhasil menahan Raptors. Mereka mendorong keunggulan 23-7 di lima menit babak kedua. Kemudian unggul 37-24 di akhir kuarter kedua. Celtics memimpin 62-34 saat turun minum. Toronto bangkit dan unggul dari Celtics di babak kedua. Tetapi itu tidak jadi soal, karena Celtics sudah nyaman dengan margin poin lebar. Mereka hanya tinggal menjaga keunggulan saja.

Jaylen Brown mencetak 27 poin saat Celtics mendominasi permainan. Kemba Walker mencetak 21 untuk Celtics. Kedua pemain tersebut membuat starter Celtics lebih baik ketimbang milik Raptors dengan mencetak poin 93-45. Jayson Tatum mencetak 18 poin, lalu Daniel Theis dan Brad Wanamaker masing-masing menyumbang 15 poin. Terakhir ada Marcus Smart yang menambahkan 12 poin untuk Celtics.

Fred VanVleet mencetak 18 poin untuk Raptors. Norman Powell mencetak 16 poin. Sementara Pascal Siakam, Kyle Lowry, dan Matt Thomas masing-masing menyumbang 10 poin.

Gim 6 antara Celtics melawan Raptors akan digelar Rabu, 9 September waktu setempat. (tor)

Foto: NBA

Komentar