IBL

Menjelang bursa pemain bebas (free agency) dimulai, kabar mengenai keputusan pengambilan opsi kontrak terlebih dahulu diselesaikan. Ya, opsi pemain atau tim (player option atau team option) harus dipastikan lebih dahulu. Setelah dari sini, baru tim dan pemain bisa melakukan negosiasi kontrak baru.

(Baca juga: Mempelajari Beberapa Istilah Dalam Pasar Pemain Bebas)

Terbaru, Yahoo Sports mengabarkan bahwa bintang Los Angeles Clippers, Kawhi Leonard, baru saja menolak mengambil opsi pemain yang bernilai AS$36 juta. Hal ini membuatnya akan menjadi unrestricted free agent dan bebas melakukan negosiasi dengan tim manapun.

Pun demikian, laporan yang sama menyebutkan bahwa Kawhi kemungkinan tidak akan pergi ke tim lain. Ia menolak opsi tersebut supaya bisa membuat kontrak baru dengan Clippers. Kawhi tidak mengindikasikan ingin hengkang dari Clippers dan masih berupaya bekerjasama dengan Paul George untuk meraih gelar juara.

Terlepas dari seringnya ia cedera, Kawhi masih merupakan top skor Clippers. Dalam 52 gim yang ia mainkan musim lalu, Kawhi mencetak 24,8 poin, 6,5 rebound, dan 5,2 asis per gim. Catatan asis tersebut adalah yabg tertinggi sepanjang kariernya. Kawhi membuat statistik di atas masih dengan efektivitas tinggi di angka 57 persen, kedua tertinggi sepanjang kariernya.

Sayangnya, Kawhi gagal tampil penuh di playoff. Membantu Clippers lolos ke final Wilayah Barat untuk kali pertama dalam sejarah, ia justru absen di seri tersebut. Bahkan, ia absen sejak semifinal saat mengalami cedera lutut di gim 4 melawan Utah Jazz.

Siapapun nantinya tim yang akan mendapatkan jada Kawhi, mereka harus bersabar. Kawhi kemungkinan akan absen di awal bahkan mungkin sampai pertengahan musim. Cedera lutut tersebut ternyata mengenai bagian Anterior Cruciate Ligament (ACL). Penyembuhan cedera ini bisa memakan waktu lebih dari enam bulan. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar