IBL

Setelah bergabungnya Kawhi Leonard dan Paul George ke Los Angeles Clippers, sorotan terus tertuju kepada tim ini. Selain dua pemain tersebut, secara keseluruhan skuat, Clippers bisa dibilang cukup menjanjikan. Masih ada Patrick Beverley, Lou Williams, dan Montrezl Harrel di sana, tiga pemain yang bisa dibilang menjadi inti tim ini musim lalu.

Landry Shamet dan Jerome Robinson adalah dua pemain muda yang sangat ditunggu perkembangannya. Lalu ada Maurice (Mo) Harkless yang datang dari Portland Trail Blazers. Pertanyaan lantas muncul, siapakah pemain yang akan mengisi posisi senter atau paint prtotector untuk tim ini?

Tak perlu menunggu lama, pertanyaan tersebut akhirnya terjawab tak sampai 24 jam setelah kesepakatan Kawhi dan George. Ivica Zubac adalah jawabannya. Dilansir Los Angeles Time, Zubac yang menjadi restricted free agent delapan hari lalu ini sepakat dengan kontrak baru berdurasi empat tahun senilai AS$28 juta.

Zubac bergabung ke Clippers musim lalu tepat di hari terkahir pertukaran pemain. Ia datang dari tim tetangga, Los Angeles Lakers, bersama Michael Beasley sebagai ganti Mike Muscala. Langsung mendapatkan peran sebagai pemain utama (starter), Zubac tampil melebih ekspektasi dengan mengemas 9,4 poin dan 7,7 rebound dalam 26 gim bersama Clippers.

Sayangnya, Zubac harus kehilangan posisi utamanya di babak playoff. Dengan usia yang masih 22 tahun dan tak punya pengalaman playoff plus harus menghadapi strategi “small ball” Golden State Warriors di putaran pertama, Clippers terpaksa tak banyak memainkannya. Menit bermainnya turun drastis dari 20,2 menit  di musim reguler ke 9,8 menit per gim di playoff.

Kepastian bertahannya Zubac akan membuat rotasi pemain Clippers terjaga. Lou Williams dan Montrezl Harrel akan tetap turun dari bangku cadangan sementara satu posisi utama lainnya masih bisa diperebutkan oleh Shamet atau Harkless. Kini Clippers memiliki skuat yang sangat fleksibel.

Pasalnya, nyaris semua pemain mereka memiliki kapasitas yang apik untuk menyerang atau bertahan. Satu-satunya pemain yang memiliki jarak besar di antara dua aspek itu rasanya adalaha Lou Williams. Namun, dengan kehadiran deretan pemain di atas, hal tersebut kemungkinan besar akan tertutupi musim depan. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar