IBL

Kisah perjalanan Kawhi Leonard menghadapi masa-masa menjadi pemain bebasnya musim ini benar-benar menarik. Setelah mengambil waktu cukup lama untuk mengambil keputusan dan lantas mengejutkan banyak pihak dengan bergabung ke Los Angeles Clippers, Kawhi seolah belum mau berhenti memberi kejutan.

Dalam laporan terbaru The Athletic, Kawhi dikabarkan baru saja resmi menandatangani kontraknya dengan Clippers. Menariknya, alih-alih sepakat dengan kontrak maksimal empat tahun senilai AS$144 juta, Kawhi dan Clippers ternyata sepakat dengan kontrak tiga tahun senilai AS$103 juta. Lebih rinci lagi, kontrak ini akan memberikan opsi pemain di tahun ketiga.

Fakta ini membuat banyak pihak membuat “teori konspirasi” tentang apa yang akan dilakukan oleh Kawhi. Peraih dua kali gelar MVP tersebut ditengarai sedang membuat sebuah skenario menarik. Jika ia memutuskan menolak opsi pemainnya selepas tahun kedua, maka ia akan kembali menjadi unrestricted free agent jelang musim 2021-2022.

Secara “kebetulan”, calon rekan duet Kawhi di Clippers yang juga teman baiknya, Paul George, juga akan mendapat status serupa di saat yang sama. Hal ini membangkitkan asumsi bahwa keduanya punya rencana lain di masa mendatang. Entah akan pindah mencari tim baru lagi secara bersama atau justru memperpanjang kontrak dengan durasi yang lebih lama dengan Clippers tapi secara bersamaan.

Di sisi lain, di pasar pemain bebas 2021 nanti, keduanya tak sendirian. Selain mereka, ada LeBron James, Bradley Beal, dan Giannis Antetokounmpo yang menyandang status unrestricted free agent atau menolak opsi pemain mereka. Hal ini juga membuka peluang terbentuknya tim super lainnya di NBA yang melibatkan lebih dari dua superstar.

Kejutan terbaru Kahwi ini memang benar-benar menarik. Citra pendiam yang ia tunjukkan kepada publik juga seolah membuat tebakan tentang apa rencana masa depannya semakin sukar dibuat. Namun, untuk sekarang hingga musim 2020-2021, rasanya pihak Clippers tidak akan cukup kebingungan. Mereka kini bisa fokus untuk meraih gelar juara scepet mungkin dengan skuat yang sangat dalam ini. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar