IBL

NBA mengumumkan pelaksanaan Jr. NBA Global Championship - Camp Asia Pasifik dan India Online. Program bola basket virtual yang berlangsung selama satu hari pada 31 Juli 2021 untuk 39 anak laki-laki dan 39 anak perempuan dari seluruh Asia-Pasifik dan India. Acara tersebut dihadiri oleh Jaren Jackson Jr. dari Memphis Grizzlies, James Wiseman dari Golden State Warriors, Angel McCoughtry dari Las Vegas Aces, dan legenda WNBA Ticha Penicheiro.

78 pesert dipilih melalui kontes media sosial dan program bola basket remaja setempat yang berasal dari delapan negara di kawasan tersebut, meliputi Australia, India, Indonesia, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Mereka akan ikut dalam pelatihan bola basket dan pengembangan diri, yang dipimpin pemain dan mantan pemain NBA dan WNBA serta pelatih Jr. NBA.

Jr. NBA Global Championship tahun ini diselenggarakan secara virtual, sama seperti di tahun 2020. Padahal sebelum pandemi Covid-19, acara ini digelar di Orlando, Florida. Meski berlangsung secara virtual, Jr. NBA tidak ingin mengecewakan para peserta. Oleh karena itu disiapkan beberapa mentor yang berkualitas.

Jackson Jr. dipilih Memphis Grizzlies dari NBA Draft 2018 urutan keempat. Dia berhasil mendapatkan penghargaa NBA All-Rookie First Team. Dengan postur tubuh setinggi 2,1 meter, ia berhasil mencetak rata-rata 14,4 poin, 5,6 rebound, dan 1,6 block selama musim 2020-2021. Sedangkan, Wiseman merupakan pilihan kedua dalam NBA Draft 2020 yang diambil oleh Golden State Warriors. Dia mencetak rata-rata 11,5 poin, 5,8 rebound, dan 0,9 block selama musim 2020-2021. Wiseman pernah meraih medali emas di Kejuaraan U-16 FIBA Americas 2017, bersama timnas Amerika Serikat.

Sementara, McCoughtry terpilih pada urutan pertama oleh Atlanta Dream di WNBA Draft 2009 sebelum dinobatkan sebagai WNBA Rookie of the Year dan tergabung ke dalam WNBA All-Rookie Team. McCoughtry adalah pemegang gelar WNBA All-Star sebanyak lima kali, mengikuti All-WNBA selection enam kali, dan penerima gelar kehormatan WNBA All-Defensive Team sebanyak delapan kali. McCoughtry menghabiskan musim terakhir bersama Las Vegas setelah memainkan 10 musim pertamanya bersama Atlanta. Sepanjang Juli 2021, McCoughtry menempati peringkat ke-15 dalam daftar career scoring WNBA (5.785 poin) dan peringkat ke-8 dalam steal (626 steal).

Lalu, legenda WNBA yang hadir adalah Penicheiro. Dulu dia terpilih pada urutan kedua oleh Sacramento Monarchs di WNBA Draft 1998, adalah Juara WNBA, pemegang gelar WNBA All-Star empat kali, All-WNBA selection tiga kali, dan ditunjuk sebagai Women's Basketball Hall of Fame. Penicheiro dinobatkan sebagai salah satu dari WNBA’s Top 20 Players of All Time pada 2016. Ia menghabiskan 15 musim di WNBA bersama Sacramento Monarchs, Los Angeles Sparks, dan Chicago Sky.

Program Jr. NBA di Asia bertujuan meningkatkan kesehatan dan kebugaran generasi muda, serta mendorong gaya hidup aktif melalui integrasi permainan bola basket ke dalam kurikulum pendidikan jasmani lokal. Sejak diluncurkan pada 2014, program Jr. NBA telah menjangkau lebih dari 27 juta anak laki-laki dan perempuan di seluruh Asia. (*)

Sumber berita: Rilis NBA Indonesia

Komentar