IBL

Memasuki minggu jelang NBA Draft, pertukaran pemain di NBA pun mulai menggeliat. Setelah serangkaian isu yang melibatkan beberapa tim, New Orleans Pelicans dan Memphis Grizzlies jadi dua tim yang akhirnya menemukan kata sepakat.

Grizzlies mengirimkan Jonas Valanciunas, hak memilih urutan ke-17 dan 50 untuk mendapatkan hak memilih urutan ke-10 serta 40 NBA Draft 2021. Turut serta berpindah dari Pelicans ke Grizzlies adalah Eric Bledsoe, Steven Adams, serta hak memilih putaran pertama NBA Draft 2022. Hal ini pertama kali diberitakan oleh ESPN.

Secara kebutuhan, kesepakatan ini memang sangat memenuhi keinginan masing-masing tim. Grizzlies ingin mendapatkan hak memilih lebih tinggi dari sekadar urutan ke-17 sedangkan Pelicans ingin membuka ruang gaji mereka. 

Bledsoe dan Adams adalah salah dua pemain dengan gaji tinggi di Pelicans. Melepaskan keduanya yang memiliki total gaji AS$35,2 juta dan menggantinya dengan Valanciunas yang memiliki gaji AS$14 juta akan membuat gerak Pelicans lebih leluasa. Pelicans diyakini akan berupaya mempertahankan Lonzo Ball dan Josh Hart yang berstatus restricted free agent.

Di sisi lain, mereka masih tidak menutup kemungkinan untuk merekrut pemain bebas lainnya. Pelicans punya ruang gaji sebesar AS$36 juta jika memutuskan melepas Lonzo dan Josh. Jika Lonzo saja yang pergi, masih ada ruang AS$25 juta untuk mendatangkan pemain.

Sebaliknya, Grizzlies tampak ingin total bertumpu pada skuat muda mereka. Ada rumor yang mengabarkan bahwa Bledsoe pun kemungkinan tidak akan bermain untuk Grizzlies. Bledsoe kemungkinan besar akan ditukar lagi ke tim lain atau dilepas. Meski masih memiliki kontrak hingga dua musim ke depan dengan nilai AS$37 juta, hanya AS$3,9 di antaranya yang bersifat bergaransi (guarantee) per 30 Juni 2022. 

Dari sisi performa tiga pemain yang terlibat pertukaran, memang rasanya Grizzlies melakukan sebuah kesalahan besar. Valanciunas baru saja memiliki musim terbaiknya selama di NBA. Ia juga semakin berkembang secara kemampuan terbukti dengan akurasi serta frekuensi tripoin yang meningkat. Berbanding terbalik, Bledsoe dan Adams tampil hancur-lebur bersama Pelicans musim lalu. Keduanya menorehkan beragam catatan buruk di statistik.

Menarik melihat bagaimana langkah kedua tim dalam setidaknya seminggu ke depan. Siapa pemain yang akan Grizzlies pilih di NBA Draft? Siapa pemain yang akan dipertahankan atau didatangkan Pelicans? Mari kita tunggu. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar