IBL

Tanggal 26 Juni 1996 akan diingat selamanya oleh Allen Iverson. Di hari itulah ia merasakan debut masuk ke NBA setelah terpilih bergabung ke Philadelphia 76’ers. Reebok sebagai sponsor tak tinggal diam. Bertepatan dengan 25 tahun hari tersebut, mereka melepas sebuah sepatu spesial yang dinamai ‘Draft Night’.

Reebok menggunakan siluet Question Mid di sini. Memilih warna utama abu-abu dengan detail hitam. Terinspirasi dari setelan jas yang dipakai Iverson di hari penting itu. Detail biru pada ujung depan mengambil dari warna seragam utama Sixers. Dilanjutkan dengan detail pendukung lain yang diambil dari dokumentasi pengumuman NBA Draft kelas 1996.

Ornamen paling penting pada sepatu ini terletak pada sisi belakang. Tepatnya sol di bawah tumit. Di sana tersemat angka 1. Menandakan status Iverson sebagai pemain muda paling potensial pada 1996. Kotak sepatu spesial pun telah disediakan demi meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya tanggal itu.

Seluruh bagian atas sepatu terbuat dari bahan suede. Berbeda dari kebanyakan rilisan Question Mid yang memakai bahan kulit. Hal itu tampaknya dipilih untuk menampilkan warna abu-abu yang sepertinya sulit muncul dengan sempurna selain di suede.

Solnya tetap menggunakan bantalan DMX. Itu tampak dari dua panel di sisi sol samping. Sol karet berwarna hitam jadi pilihan untuk memunculkan traksi yang dibutuhkan saat bermain basket di lapangan kayu maupun luar ruang.

Reebok Question Mid 'Draft Night' dijual secara eksklusif hanya di gerai-gerai terpilih di Amerika Serikat dan Eropa. Harga ritel yang disarankan adalah AS$140, atau sekitar Rp2 juta. Bila Anda ingin memilikinya, bisa menggunakan jasa importir barang. Tapi harganya tentu akan lebih mahal karena ada beberapa biaya tambahan yang harus ditebus.

Sebagian pemain yang ada di dalam daftar NBA Draft 1996. Ada yang tahu siapa saja mereka?

NBA Draft 1996 sejatinya melahirkan nama-nama besar di kancah basket Amerika Serikat. Iverson berada di peringkat pertama. Posisi kedua ditempati oleh Marcus Camby yang merapat ke Toronto Raptors. DIlanjutkan dengan Shareef Abdur-Rahim untuk Vancouver Grizzlies, kini menjadi Memphis Grizzlies.

Stephon Marbury ada di posisi empat dan berseragam Milwaukee Bucks. Serta Ray Allen ada di posisi lima untuk bermain bersama Minnesota Timberwolves.

Yang mengejutkan adalah nama-nama sukses NBA di daftar tersebut yang tidak masuk lima besar. Kobe Bryant adalah pemuda potensial nomor 13. Sang Black Mamba terpilih untuk bergabung dengan Charlotte Hornets sebelum ditukar ke Los Angeles Lakers.

Ada pula nama Peja Stojakovic di peringkat 14 serta Steve Nash ada di nomor 15. Walau tidak masuk daftar terbaik, mereka terbukti dapat membuktikan diri bisa menorehkan prestasi gemilang. Bryant dan Nash bahkan sudah masuk Naismith Memorial Basketball Hall of Fame.

Foto: NBA, Reebok

Komentar