IBL

Mendiang Kobe Bryant selain menginspirasi permainan basket, juga jadi kiblat industri sepatu basket dunia. Sejak kematiannya pada bulan Januari 2020 lalu, semua barang-barang terkait dengan legenda Los Angeles Lakers tersebut laku laris. Nike sebagai pemilik merek dagang Kobe juga mendorong produksinya untuk memenuhi pasar. Justru anehnya, Reebok malah membatalkan rencana rilis sepatu Reebok Question terbarunya.

Hubungan Kobe Bryant dan Reebok mungkin tidak banyak orang yang tahu. Namun ada sejarah kecil yang manis tertulis diantara pemain dan produsen perlengkapan olahraga asal Inggris tersebut. Pada NBA musim 2002/03, Kobe belum menentukan pilihan merek sepatu yang akan dipakai. Atau dengan istilah lain "Free Agent". Selama masa itu, Kobe bertanding dengan sepatu dan merek yang berbeda-beda. Mulai Air Jordan, Nike, Converse, hingga Reebok.

Khusus untuk Reebok, Kobe memakai sepatu khas milik Allen Iverson. Jelas saat itu Iverson menjadi pemain terkenal, dan sepatunya dipakai semua orang. Kobe yang juga sebagai penggemarnya, melakukan hal yang sama. Kobe pun pernah memakai Reebok Answer dan Reebok Question. Setelah itu, Kobe akhirnya menentukan pilihannya, hingga akhir hayatnya menjadi duta Nike.

Beberapa tahun berlalu, Reebok dan Iverson ternyata punya rencana untuk merilis ulang Reebok Question dengan warna khas LA Lakers, yang pernah dipakai Kobe. Warna ini dikenal dengan nama "Yellow Toe" atau oleh Reebok disiapkan nama "Sneaker Free Agency". Seorang desainer sepatu bernama Frank Cooke diberi tugas untuk merancang konsep rilis sepatu ini.

Pada bulan September 2019, beredar foto Allen Iverson memegang sepatu Reebok Question sebagai bagian dari promo awal bahwa sepatu lawas ini akan dirilis ulang. Semua materi promosi sudah disiapkan. Persiapan rilis juga sudah dibuat. Mereka akan merilis sepatu baru tersebut tepat saat NBA All-Stars 2020 berlangsung di Chicago.

Sepatu-sepatu sudah dikirim ke orang-orang penting, sekaligus dimasukkan ke gudang-gudang toko yang bakal menjualnya. Produk baru ini terlihat menarik dengan gaya retro di kemasannya. Box sepatu seperti paket karton coklat yang tidak mencolok. Kemudian ada alamat fasilitas latihan Lakers, lengkap dengan cap yang menunjukkan sepatu tersebut untuk Kobe Bryant, dan sepatu khusus promosi.

Semua persiapan tampak rapi, namun akhirnya batal setelah Kobe Bryant tewas dalam sebuah kecelakaan helikopter di Calabasas bulan Januari 2020.

"Awalnya dijadwalkan rilis awal tahun ini. Tetapi kami menariknya dari konsumen dan pedagang. Ini untuk menghormati mendiang Kobe Bryant," kata salah satu karyawan Reebok, seperti dilansir complex.com.

Ada kemungkinan kalau memang jadi dirilis, Reebok Question "Sneakers Free Agency" yang identik dengan Kobe Bryant dan Lakers ini bisa meledak di pasaran. Bahkan harganya bisa naik berlipat-lipat di secondary market. Tapi bukan itu yang diinginkan Reebok. Mereka memutuskan untuk membatalkan peluncuran sepatu ini saja.

"Tidak ada yang tahu tragedi ini akan datang," kata Cooke. "Tetapi kami hanya ingin menceritakan bahwa kami pernah menjadi sejarah seorang legenda basket bernama Kobe Bryant." (tor)

Foto: complex.com, sneakerbardetroit.com

Komentar