IBL

Satu hari setelah memastikan kemenangan Utah Jazz atas Los Angeles Clippers melalui sebuah blok, Rudy Gobert mendapatkan gelar individu. NBA melalui rilis resmi mengumumkan bahwa Gobert adalah pemain bertahan terbaik (Defensive Player of the Year) musim 2020-2021. Gobert mendapatkan 84 dari 100 suara tersedia untuk pilihan pertama. Gobert mengalahkan Ben Simmons dan Draymond Green yang duduk di peringkat 2 dan 3.

Ini jadi gelar DPOY (akronim Defensive Player of the Year) ketiga sepanjang delapan musim karier Gobert. Prestasi ini membuatnya bergabung ke jajaran elite sebagai pemain keempat dalam sejarah NBA yang mampu meraih gelar DPOY setidaknya tiga kali. Tiga nama sebelumnya adalah Dwight Howard (3 kali), Ben Wallace (4), dan Dikembe Mutombo (4).

Musim ini, dalam 71 gim, Gobert memimpin liga untuk rataan defensive rebound (10,1), total defensive rebound (720), dan total blok (190). Gobert juga hanya kalah dari Myles Turner untuk rataan blok per gim. Gobert memiliki rataan 2,7 blok sedangkan Turner 3,4. Di musim ini juga, Gobert tercatat enam kali menorehkan setidaknya 15 rebound dalam satu gim dan delapan kali mengumpulkan 5+ blok dalam satu laga. Catatan terbaiknya adalah 20 rebound dalam laga melawan Golden State Warriors (14 Maret) dan sembilan blok melawan Chicago Bulls (22 Maret).

Melihat secara statistik lanjutan (advanced stats), Gobert adalah pemain bertahan yang cukup menyeramkan di bawah ring. Ia tercatat sebagai pemain yang menghadapi serangan terbanyak di bawah ring dengan total 549 tembakan. Hebatnya, Gobert berhasil menahan akurasi lawan hanya di angka 50,1 persen. Itu adalah catatan terendah ketiga dari total 27 pemain yang mendapatkan serangan di bawah ring setidaknya 300 tembakan.

Gobert juga menjadi faktor penting mengapa Jazz bisa finis di urutan ketiga defensive rating (107,5). Jazz juga jadi tim yang berhasil menahan akurasi lawan terbaik kedua di liga dengan 44,7 persen. Sedikit mengingatkan, Jazz berhasil menutup musim reguler sebagai peringkat teratas Wilayah Barat dengan rekor (52-20).

Langkah Jazz di playoff juga akan sangat tergantung dengan kontribusi Gobert ke depannya. Menghadapi Clippers di semifinal Wilayah Barat, Gobert akan menjadi kunci Jazz bertahan dari gempuran di area kunci oleh Paul George, Kawhi Leonard, hingga Marcus Morris. Gim 1 adalah bukti nyata betapa krusialnya peran Gobert dan itu akan terus berlanjut sepanjang seri ini. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar