IBL

IBL 2021 resmi berakhir pada 6 Juni lalu. Setelah liga usai, ada 12 pemain yang dipanggil PP Perbasi untuk mengikuti pemusatan latihan Tim Nasional Bakset Indonesia proyeksi FIBA Asia Cup 2021. Nama-nama yang dipanggil mayoritas dari tim finalis IBL musim ini.

Mula-mula, pemusatan latihan ini diikuti lima pemain. Mereka diambil dari pemain muda yang tampil bagus bersama tim Indonesia Patriots di musim reguler IBL 2021. Mereka sudah dipanggil untuk pemusatan latihan sejak bulan April 2021. Tujuannya agar para pemain tersebut bisa mengejar kualitas para pemain senior. Lima nama tersebut yaitu:
1. Ali Bagir Alhadar
2. Yudha Saputera
3. Aldi Izzatur Rachman
4. Dame Diagne
5. Serigne Madou Kane

Setelah libur lebaran, kelima pemain kembali ke pemusatan latihan lagi. Sebab, waktu persiapan menuju FIBA Asia Cup 2021 semakin mepet. Setelah Kepala Pelatih Rajko Toroman tiba di Indonesia, PP Perbasi memanggil empat nama lagi. Tepatnya beberapa hari setelah Semifinal IBL 2021 selesai. Ada empat nama yang dipanggil, yaitu:
1. Muhammad Arighi Hadran Noor - Indonesia Patriots
2. Kelvin Sanjaya - Indonesia Patriots
3. Abraham Damar Grahita - Prawira Bandung
4. Widyanta Putra Teja - West Bandits Solo

Usai menyelesaikan perjuangan mereka di final IBL 2021, dengan membela klub masing-masing, ada delapan pemain yang dipanggil untuk pemusatan latihan. Mereka berasal dari tim Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Masing-masing ada empat pemain yang dipanggil, yaitu:
1. Agassi Yeshe Goantara - Pelita Jaya Bakrie Jakarta
2. Vincent Rivaldi Kosasih - Pelita Jaya Bakrie Jakarta
3. Govinda Julian Saputra - Pelita Jaya Bakrie Jakarta
4. Andakara Prastawa Dhyaksa - Pelita Jaya Bakrie Jakarta
5. Hardianus Lakudu - Satria Muda Pertamina Jakarta
6. Juan Laurent Kokodiputra - Satria Muda Pertamina Jakarta
7. Arki Dikania Wisnu - Satria Muda Pertamina Jakarta
8. Kevin Yonas Argadiba Sitorus - Satria Muda Pertamina Jakarta

Menurut penuturan asisten pelatih timnas, Wahyu Widayat Jati, para pemain harus segera bergabung untuk pemusatan latihan hari ini, Selasa, 8 Juni 2021. Dengan masuknya kedelapan pemain ini dari Satria Muda dan Pelita Jaya, maka pemusatan latihan timnas berisi 17 pemain.

"Selama pelatnas, promosi dan degradasi berlaku. Pada akhirnya kami hanya akan memilih 12 pemain untuk menghadapi FIBA Asia Cup 2021," ungkap Wahyu, dikutip dari rilis PP Perbasi.

FIBA Asia Cup 2021 memang digelar di Jakarta. Tapi sebelum itu, timnas Indonesia harus bertanding di Clark City, Filipina, pada 16-20 Juni mendatang. Turnamen tersebut merupakan adalah jendela ketiga dari babak kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar