IBL

Teka-teki absennya Dennis Schroder di laga melawan Raptors, Minggu, 2 Mei 2021, waktu setempat terjawab sudah. Laporan The Athletic menyebutkan bahwa Schroder masuk dalam karantina protokol kesehatan NBA. Schroder diperkirakan absen 10-14 hari. Belum diketahui pasti apakah Schroder positif virus korona atau berhubungan dengan orang yang positif.

Absennya Schroder jelas akan semakin memperberat langkah Lakers untuk langsung lolos ke playoff. Lakers hanya memiliki sisa delapan laga yang dimainkan dalam 13 hari. Terdekat, Lakers akan berhadapan dengan Nuggets, hari ini, pukul 09.00 WIB. Lakers kini duduk di peringkat tujuh klasemen sementara Wilayah Barat. Jika tertahan di posisi ini, maka Lakers harus bermain di Play-In Tournament yang melawan peringkat 8-10.

Pun demikian, peluang Lakers untuk lolos ke playoff langsung (menempati peringkat enam) masih terbuka. Pasalnya, baik Dallas Mavericks dan Portland Trail Blazers yang ada di peringkat 5 dan 6 memiliki rekor yang sama dengan Lakers yakni (36-28). Namun, Lakers bisa dibilang memiliki jadwal paling berat karena dari delapan lawan tersebut, hanya tiga yang memiliki persentase kemenangan di bawah 50 persen.

Schroder sendiri telah menjadi bagian penting dari Lakers musim ini. Selalu menjadi starter, pemain 27 tahun ini memiliki rataan 15,5 poin, 3,5 rebound, 5,8 asis, dan 1,2 steal per gim. Schroder adalah top skor ketiga Lakers tepat di bawah dua bintang utama, LeBron James dan Anthony Davis. Catatan steal Schroder musim ini juga jadi yang terbaik sepanjang kariernya.

Ini jadi kali kedua Schroder masuk dalam karantina protokol kesehatan NBA. Pada Februari lalu, ia absen empat gim karena alasan yang sama. Menariknya, ketika kembali, Schroder menampik dirinya positif virus korona. "Saya tidak pernah positif virus korona, saya selalu negatif dalam setiap tes. Rasanya NBA harus melakukan sesuatu yang lebih baik untuk hal ini," ujar Schroder dilansir Bleacher Report, Februari lalu.

Tanpa Schroder, kemungkinan besar Lakers akan memberikan menit bermain lebih banyak untuk Alex Caruso, seperti yang terlihat dalam gim melawan Raptors. Selain Caruso, Lakers juga bisa menempatkan Talen Horton-Tucker di posisi ini seandainya mereka butuh tambahan tenaga untuk menyerang. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar