IBL

Golden State Warriors masih menyimpan asa untuk tampil di playoff NBA musim ini, dengan mempertahankan posisi di zona turnamen play-in. Meski pencapaian musim ini sangat jauh dari target mereka. Menurut mantan pemain Warriors, Andrew Bogut, Warriors punya kelemahan yang sangat mendasar, yaitu pertahanan dan bangku cadangan. Tetapi semua itu terbentur dengan kondisi keuangan Warriors yang sudah penuh dengan kontrak pemain jangka panjang.

Bogut menjadi bagian dari dinasti kejayaan Warriors. Jadi dia tahu betul bagaimana karakter tim ini bermain serta kemampua beberapa pemain yang notabene masih sama seperti dulu, yaitu Stephen Curry, Klay Thompson, hingga Draymond Green. Bogut membuat sebuah pernyataan yang bagus ketika mengritik Warriors musim ini, di acara podcast Dub Talk.

"Kalau Klay, Steph, dan Draymond sehat, Warriors akan mendapatkan jaminan menang lebih dari 50 pertandingan," kata Bogut. "Kemudian, siapa saja anak muda yang dimasukkan ke tim ini, pastikan bahwa dia punya kemampuan seperti Andre Iguodala."

Bogut tahu bahwa Andre Iguodala adalah pemain yang bisa memberi dampak ke tim Warriors, meski tidak dengan bola. Artinya, Iguodala punya kemampuan bertahan bagus, dan bisa memperlambat serangan lawan. Menurut Bogut, keberadaan Iguodala di tim Warriors saat itu bukanlah kebetulan semata.

Setelah menyinggung soal Iguodala, Bogut juga menyarankan agar Warriors segera merombak komposisi bangku cadangan. Dibanding dengan tim-tim lain, bangku cadangan Warriors masih terbilang lemah. Meski Bogut sendiri tahu bahwa kelemahan tersebut menjadi buntut dari tipisnya ruang gaji Warriors musim ini. Warriors sudah punya kontrak dengan 13 pemain, bahkan sebelum musim 2020-2021 dimulai.

"Bukan saya bermaksud tidak hormat dengan pemain cadangan Warriors. Mereka sudah melakukan upaya maksimal di setiap pertandingan. Tapi kalau kita lihat kembali di tim Wilayah Barat saja, bagaimana tim seperti Lakers, Clippers, dan tim-tim papan atas lainnya membangun komposisi bangku cadangan mereka. Saya berharap Bob Myers dan manajemen Warriors bisa berbenah musim depan," imbuh Bogut.

Musim ini, Warriors mengalami kesulitan. Mereka mencetak rekor 31-32 sampai hari ini. Warriors beruntung Stephen Curry bisa menggendong mereka. Kalau tidak, bisa jadi Warriors terjun bebas ke dasar klasemen, sama seperti musim lalu.

Andrew Bogut sendiri menjadi bagian dari Warriors di tahun 2012 hingga 2016. Bogut menjadi bagian tim Warriors saat menjadi juara di tahun 2015. Dia kembali ke tim ini pada tahun 2019 dan memutuskan pensiun di tahun 2020. Pria berkebangsaan Australia tersebut sekarang sedang menyiapkan masa depannya. Dia berkesempatan menjadi pemilik Sacrameto Kings. Sebab, pada bulan April 2018, saat dia menandatangani kontrak dengan Kings, ada klausul yang menyatakan bahwa Bogut bisa membeli 10 persen saham klub, ketika dia sudah pensiun. (tor)

Foto: smh.com

Komentar