IBL

Bukannya membaik, tapi penampilan Kevin Love menurun dari musim ke musim. Banyak yang menyarankan agar dirinya pindah dari Celeveland Cavaliers. Tapi sebagai pemain profesional dengan bayaran di atas AS$30 juta semusim, tidak mudah baginya untuk pindah klub. Love harus menunggu sampai kontraknya berakhir, atau ada klub yang merelakan sebagaian ruang gajinya untuk mendatangkan pemain 32 tahun tersebut.

Dengan memutuskan bergabung dengan Cavaliers di tahun 2014 lalu, Love berhasil mendapatkan apa yang menjadi mimpinya. Pada musim 2015-2016, dia tampil sangat bagus, dengan rata-rata 16,4 poin, 9,9 rebound, dan 2,4 asis dalam 77 pertandingan. Love sangat solid ketika tampil bersama Kyrie Irving dan LeBron James, sehingga cincin juara pun menghampirinya.

Penampilan Love di tahun 2015-2016 menggambarkan bahwa Cavaliers tidak salah memberinya kontrak senilai AS$133,2 juta dengan durasi lima tahun. Tapi setelah LeBron dan Irving pindah, Love sepertinya tidak menemukan tandem yang cocok di tim ini. Ditambah lagi, cedera menghampirinya di musim 2020-2021. Love hanya bermain 19 laga dengan catatan 11,4 poin, 6,6 rebound, dan 2,5 asis per pertandingan. Penurunan tersebut juga diprediksi karena Cavaliers bukan tim yang ambisius meraih gelar juara seperti saat mereka punya LeBron James.

Namun ada titik terang dari mendung di karier Kevin Love. Dalam sebuah wawancara dengan Yahoo!Sports, Love ternyata sudah berniat untuk meninggalkan Cavs, untuk mencari suasana baru. Sama seperti Tristan Thompson yang sekarang lebih bersemangat tampil bersama Boston Celtics. Tapi berbeda dengan Thompson, situasi kontrak Love bisa jadi penghalang.

Love punya kontrak dengan Cavaliers sampai tahun 2023. Dengan rincian, setiap musim dia mendapatkan sekitar AS$30 juta. Ini yang bakal menyulitkan Love untuk mendapatkan tim baru. Meski dirinya sudah menyebut salah satu tim yang ingin dibelanya musim depan. Love ingin bergabung dengan Portland Trail Blazers. Menurutnya, Damian Lillard dan kawan-kawan berpotensi menjuarai NBA dengan energi yang besar dari para pemainnya. Love ingin mendapatkan energi tersebut agar bisa meningkatkan performanya kembali. Sama seperti Carmelo Anthony yang bangkit lagi setelah bergabung dengan Blazers.

Love sudah mengincar Trail Blazers sebagai tujuannya. Lalu bagaimana dengan kondisi keuangan tim tersebut, atau ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengambil Love dari Cavaliers. Jawabannya tentu ada. Blazers harus melepaskan Robert Covington, Derrick Joness Jr., dan Zach Collins terlebih dahulu.

Alasan melepas tiga nama tersebut berdasarkan performa mereka dan kecocokan dengan tim Blazers saja. Robert Covington dan Derrick Jones Jr. jadi pemain yang tidak diinginkan Blazers, sejak kedatangan mereka musim lalu. Pada saat yang sama, Zach Collins juga punya nasib serupa di Blazers. Jadi masuk akal kalau mereka melepaskan ketiga pemain itu untuk mendapatkan ruang gaji yang cukup, sesuai dengan nilai kontrak Kevin Love. Jadi kita tunggu saja, apakah Love akan pindah tim atau tidak. Tapi sebaiknya dia pindah, bila ingin menikmati permainan lagi. (tor)

Foto: Sportingnews

Komentar