IBL

Phil Jackson adalah orang yang dihormati dalam hal kepelatihan. Dia salah satu pelatih legendaris yang pernah 11 kali juara NBA, dengan rincian 6 kali bersama Chicago Bulls, dan 5 kali bersama Los Angeles Lakers. Phil Jackson punya pandangan yang sederhana soal peraih gelar juara, dan dari teori tersebut, hanya ada tiga tim yang berpeluang meraih gelar musim ini.

Teori tersebut diunggah Jacob Bryan Ortiz atau yang lebih dikenal sebagai Legion Hoops di akun media sosial Twitter. Jackson pernah mengatakan kalau tim mendapatkan 40 kemenangan sebelum kalah 20 kali, maka dia layak disebut sebagai penantang gelar juara musim itu.

Setelah membaca pernyataan tersebut maka kita akan langsung melihat klasemen sementara di NBA 2020-2021 sampai hari ini. Ternyata hanya ada tiga tim yang cocok dengan teori milik Phil Jackson tersebut, yaitu Utah Jazz (44-15), Phoenix Suns (42-17), dan LA Clippers (43-19). Ketiganya ada di Wilayah Barat.

Sebaliknya, dari Wilayah Timur ternyata tidak cocok dengan teori Phil Jackson. Philadelphia 76ers secara otomatis sudah gugur karena mereka kalah sudah kalah 20 kali. Sementara jumlah kemenangan mereka 39 kali. Sedangkan Brooklyn Nets, memang pas dengan teori tersebut. Skuat asuhan Steve Nash tersebut mengoleksi rekor menang-kalah 40-20. Tetapi Nets lebih dulu kalah 20 kali, sebelum mendapatkan kemenangan ke-40, hari ini. Jadi menurut teori Phil Jackson, Nets dan Sixers sudah gugur dari persaingan gelar juara.

Namun teori Phil Jackson tersebut juga harus ditelaah secara seksama. Dulu, ketiga masih berjaya bersama Bulls dan Lakers, Jackson tidak menghadapi situasi pandemi, pengurangan jumlah pertandingan, padatnya jadwal, hingga besarnya kemungkinan cedera pemain. Maka teori ini masih butuh penyempurnaan bila dipakai untuk prediksi musim ini.

Sementara itu, melihat roster pemain, sulit rasanya menghapus Los Angeles Lakers dan Brooklyn Nets dari daftar favorit juara musim ini. Karena, terlepas dari hasil yang buruk di musim reguler, kalau keduanya tampil dengan kekuatan penuh di playoff, maka bisa saja keduanya sampai ke final musim ini.

Phil Jackson memang pelatih yang hebat. Tetapi ada anggapan bahwa kehebatannya yang sesungguhnya adalah mampu mengendalikan klub yang sedang punya dinasti besar dalam sejarah. Contohnya saat dua kali 3-peat bersama Bulls, Jackson punya Michael Jordan dan beberapa pemain pendukung yang hebat. Kemudian saat melatih Lakers, Jackson punya Shaquille O'Neal, Pau Gasol, hingga Kobe Bryant. (tor)

Foto: NY Knicks

Komentar