IBL

Phoenix Suns sekarang jadi tim terbaik di Wilayah Barat. Kepastian tersebut didapatkan setelah mereka menang 121-100 atas Utah Jazz di Talking Stick Resort Arena, Jumat malam, waktu setempat. Suns mendominasi pertandingan untuk menyapu bersih Jazz musim ini. Dengan rekor pertandingan yang sama, Suns unggul head-to-head dari Jazz.

Suns mengambil kendali permainan lebih awal, dengan Devin Booker yang memasukkan 14 poin. Seharusnya, kembalinya Royce O'Neale bisa membantu Jazz menghentikan Booker, tapi justru O'Neale yang terkecoh dengan kecepatan Booker. Di sisi lain, absennya Donovan Mitchell dan Mike Conley sangat berpengaruh pada produktifitas poin Jazz. Rudy Gobert juga hanya bermain di babak pertama saja. Dia ditarik keluar di babak kedua tanpa alasan yang jelas.

"Fisik kami tidak bagus. Kami sedikit terlalu nyaman dengan keadaan. Serangan kami yang buruk, berpengaruh pada pertahanan," kata Gobert, usai pertandingan.

Bojan Bogdanovic mencetak 22 poin untuk Jazz, disusul Joe Ingles dan Jordan Clarkson yang menambahkan masing-masing 12 poin. Sebaliknya di kubu Suns, Devin Booker mencetak 31 poin. Mikal Bridges menambahkan 18 poin, diikuti Chris Paul (12 poin dan 9 asis), Deandre Ayton (11 poin), dan Cameron Payne (11 poin).

"Ini sangat menyenangkan. Tidak semua pemain memiliki kesempatan seperti ini. Energi tim ini luar biasa. Tim yang bagus untuk menjadi lebih baik," kata Booker, dikutip dari CBS Sports.

Suns bukan hanya tim terbaik di Wilayah Barat saja, melainkan di NBA saat ini. Mereka mencetak rekor 23-9 melawan separuh peserta liga. Dalam tujuh pertandingan terakhirnya, Suns melawan Jazz, LA Clippers, New York Knicks, Brooklyn Nets, Boston Celtics, Philadelphia 76ers, hingga Milwaukee Bucks.

Suns dan Jazz sama-sama memiliki rekor 45-18. Tetapi karena Suns menyapu bersih seluruh pertemuan dengan Jazz musim ini, maka keuntungan ada di Chris Paul dan kawan-kawan. Bila terjadi rekor yang sama di akhir musim, maka Suns yang akan menempati peringkat lebih tinggi dari Jazz.

Suns adalah salah satu tim yang tetap sehat sepanjang musim ini. Ayton dan Bridges sudah bermain 63 pertandingan alias tanpa absen. Chris Paul hanya absen sekali, dan Devin Booker bermain 59 pertandingan.

Selanjutnya, Suns akan berhadapan dengan Oklahoma City Thunder. Sedangkan Jazz kembali ke markas untuk bersiap mengadapi Toronto Raptors. (tor)

Foto: nba.com

Komentar