IBL

Sistem home-and-away yang dipakai NBA mengharuskan semua tim harus melakukan perjalanan beberapa kali dalam satu minggu. Untuk berpindah dari arena satu ke arena yang lain bisa memakai perjalanan darat, atau naik pesawat terbang bila jaraknya jauh. Namun kadang perjalanan tersebut berisiko tinggi. Seperti yang terjadi hari ini. Hampir saja tim Utah Jazz mendapat celaka, karena pesawat yang membawa mereka mengalami kerusakan mesin.

Tim Utah Jazz dijadwalkan bertanding melawan Memphis Grizzlies pada Rabu malam, waktu Amerika Serikat. Berarti mereka harus melakukan penerbangan ke Memphis pada hari Selasa. Namun pesawat yang mereka tumpangi mengalami musibah. Menurut ESPN, pesawat tersebut menabrak sekelompok burung di tengah penerbangan. Pesawat mengalami kerusakan mesin. Foto-foto pesawat tersebut dibagikan oleh jurnalis Fox 13 News, Spencer Joseph, dalam akun twitter-nya.

(Sumber foto: twitter Spencer Joseph)

Para pemain Utah Jazz mengaku mendengar suara ledakan. Mereka juga melihat kilatan cahaya, lalu pesawat seperti berguncang karena mesin mengalami masalah. Setelah mendarat darurat, para pemain mengucapkan rasa syukur karena sudah selamat dari bencana. Untuk pertandingan melawan Grizzlies sendiri tidak ada penundaan. Tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Faktanya, sejak 1931 hingga sekarang sudah banyak korban kecelakaan pesawat dari insan-insan olahraga. Kebanyakan kasus kecelakaan yang terjadi melibatkan atlet olahraga sepak bola. Namun yang paling menyita perhatian dunia adalah kecelakaan pesawat yang menimpa tim sepak bola Chapecoense pada 28 November 2016 silam. Kecelakaan tersebut merenggut nyawa 19 pemain, 14 ofisial, 9 orang manajemen tim, dan 4 jurnalis Fox Sports Brazil. Namun ada tiga pemain yang selamat dari kecelakaan tersebut. Saat itu tim Chapecoense terbang menuju Kolumbia untuk berlaga di Final Copa Sudamericana melawan Atletico Nacional. (tor)

Foto: CBS Sports

Komentar