IBL

Setelah melakukan pemeriksaan video pertandingan, NBA akhinya memberikan sanksi denda kepada Jordan Clarkson. Pemain Utah Jazz itu terbukti melakukan dorongan terhadap salah satu wasit dengan kedua tangannya. Clarkson didenda AS$25 ribu karena perbuatannya tersebut.

Pengumuman sanksi terhadap Clarkson disampaikan oleh Kiki VanDeWeghe selaku Wakil Presiden Eksekutif, Operasi Bola Basket. Menurutnya, insiden tersebut terjadi dengan sisa 10 menit di kuarter kedua, saat Utah kalah 95-106 dari Phoenix Suns, pada 31 Desember 2020 di Vivint Smart Home Arena.

Kronologis peristiwanya yaitu setelah mencetak poin, Clarkson berhasil mencuri bola dari tangan pemain Suns. Ketika sedang melantun di sisi kiri lapangan, tiba-tiba ada seorang wasit yang berdiri di sana. Clarkson terlihat kesal dan melakukan dorongan ringan dengan dua tangannya. Bila dilihat dari video, kejadiannya begitu cepat. Wasit tidak menyangka bila Clarkson berhasil mencuri bola dari lawan. Sementara, Clarkson sendiri berkonsentrasi pada bola di tangannya, dan tidak memperhatikan wasit yang berdiri di depannya.

Clarkson terlihat kesal dan mendorong wasit tersebut. Gerakan tersebut tidak diperbolehkan dalam aturan NBA, sehingga pemain yang melakukannya akan dikenakan sanksi denda sebesar AS$25 ribu.

Clarkson adalah pemain yang direkrut oleh Washington Wizards pada putaran kedua NBA Draft 2014. Tetapi tiga musim pertamanya dihabiskan bersama Los Angeles Lakers. Pada tahun 2017, Clarkson diakuisisi Cleveland Cavaliers, kemudian pada musim 2019-2020 dia pindah ke Utah Jazz. Musim 2020-2021 akan jadi musim ketujuhnya di NBA. Pemain keturunan Amerika-Filipina tersebut mencetak 16,5 poin per pertandingan. (tor)

Foto: SLC Dunk

Komentar