IBL

Apa yang dibutuhkan oleh Portland Trail Blazers untuk melaju lebih jauh di playoff? Pertanyaan ini tampaknya terus mengudara di setiap musim mendekati NBA memasuki playoff. Pertanyaan yang sangat beralasan mengingat Blazers dengan duet Damian Lillard dan C.J. McCollum terus terhenti di semifinal Wilayah Barat. Tambahan Jusuf Nurkic hingga Carmelo Anthony musim lalu pun tak membuat perbedaan di hasil akhir mereka. 

Atas kenyataan ini, Blazers langsung membuat sebuah pergerakan di batas terakhir pertukaran pemain. Dilansir oleh ESPN, Blazers memastikan salah satu pemain paling diincar di pertukaran musim ini, Norman Powell, bergabung dengan mereka. Sebagai gantinya, Blazers mengirim Rodney Hood dan Gary Trent Jr. ke Toronto Rpators. Kesepakatan ini memupus laporan yang menyebutkan bahwa Powell menarik perhatian setidaknya separuh tim NBA untuk "menebusnya" dari Raptors. 

Bukan tanpa alasan Powell menjadi salah satu incaran paling laris di jendela kali ini. Performa yang sedang sangat maksimal membuat sorotan tertuju padanya. Meski Raptors sendiri sedang tidak dalam performa terbaik mereka secara rekor kemenangan, Powell menorehkan 19,6 poin dengan akurasi tripoin di angka 44 persen dan efektivitas tembakan keseluruhan mencapai 60 persen.

Dipecah lebih rinci lagi, dalam 28 gim yang ia mainkan sebagai starter, pemain yang akrab disapa Norm ini memiliki rerata 23,5 poin dengan akurasi tripoin 45 persen dan FG% 53 persen plus FT% di angka 86 persen. Di antara seluruh pemain NBA yang sudah melepaskan 200 tripoin musim ini, Norm hanya kalah akurat dari Joe Ingles dan Joe Harris, dua pemain yang layak dimasukkan sebagai salah dua spesialis penembak jarak jauh terbaik di NBA sekarang. 

Catatan spesial Norm, utamanya saat menjadi starter seharusnya membuat Blazers tak mengubah perannya. Trio Lillard, CJ, dan Norm di atas kertas akan menyumbang setidaknya 65 poin per gim. Sisanya, bisa mereka distribusikan ke sembilan pemain dalam daftar aktif. Bagian terbaik dari pertukaran ini adalah mereka tak melepas aset-aset paling berharga mereka. Memang, Trent sedang dalam performa menanjak, namun subtitusinya dengan Norm jelss sebuah peningkatan. Di sisi lain, Hood tampak terus kesulitan kembali ke performa terbaik setelah rangkaian cedera yang mendera. 

Kini Blazers selaiknya berdoa supaya merema dijauhkan dari cedera dan Nurkic bisa segera kembali. Trio garda, Robert Covington, Derrick Jones Jr., Nurkic, Enes Kanter, dan Carmelo Anthony adalah susunan pemain yang menakutkan. Jika seluruh pemain ini dalam kondisi terbain mereka, rasanya lawan-lawan Blazers tak bisa melakukan apapun selain berdoa supaya mereka gagal menemukan sentuhannya. Jangan berkedip untuk Blazers! (DRMK)

Foto: NBA

Komentar