IBL

Nicolas Batum sudah berhasil merubah pandangan publik terhadapnya. Pemain yang dulu dianggap beban bagi Charlotte Hornets karena gajinya terlalu besar, kini jadi pujaan penggemar LA Clippers. Dia mendapatkan penghargaan dari penggemar Clippers yang menamakan diri sebagai "Batum Battalion".

Batum merasa senang bisa diterima dengan baik di keluarga besar Clippers. Kontribusinya di tim asuhan Tyronn Lue tersebut juga dirasakan penggemar. Mereka membuat sebuah fanbase bernama "Batum Batallion". Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengungkapkannya dalam podcast "Battle For LA" milik clutchpoints.

Batum senang dengan sambutan penggemar Clippers. Itu membangkitkan mentalnya yang sempat turun karena dianggap sebagai beban di Charlotte Hornets. Di musim 2019-2020, Batum masuk lini kedua tim besutan James Borrego tersebut. Penggemar Hornets juga menyebutnya sebagai beban tim. Sebab kontribusinya tidak sesuai dengan gaji senilai AS$25 juta yang diterima pemain berusia 32 tahun tersebut. Ditambah lagi, Hornets sudah berencana melakukan peremajaan tim sejak musim lalu.

Pada NBA 2019-2020, Batum hanya bermain 22 pertandingan dengan tiga kali menjadi starter. Dia mencetak rata-rata 3,6 poin, 4,5 rebound, dan 3,0 assist per pertandingan. Catatan itu dianggap kurang sesuai dengan uang yang diterimanya dari manajemen Hornets. Sebaliknya, ketika bermain bersama Clippers, Batum mencatatkan rata-rata 8,9 poin, 4,7 rebound, dan 2,4 assist dalam 36 penampilan. Dia selalu jadi starter dan bermain selama 29,1 menit per laga.

"Istri saya lebih aktif di Twitter. Dia menceritakan soal Batum Battalion. Ada sekelompok penggemar Clippers yang membuat sesuatu untuk menghargai peran saya di tim ini. Saya menyukainya. Sekarang saya merasa memiliki pendukung yang selalu ada untuk memberi semangat," ungkapnya.

"Sudah setahun sejak NBA digelar tanpa penonton. Dan, sudah setahun saya tidak punya pendukung fanatik seperti ini. Senang rasanya bisa memiliki hal-hal seperti ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada mereka."

Batum merasa seperti bangun dari mimpi. Tidak hanya sekadar punya penggemar fanatik, kini semangat bertandingnya membara lagi. Ini karena Clippers dianggap salah satu tim dengan peluang juara di musim 2020-2021. Penggemar menganggap bahwa Batum adalah sosok yang dicari Clippers selama ini. Dia bisa menjadi menjadi jembatan antara Kawhi Leonard dan Paul George. Dengan pengalaman selama 13 musim di NBA, dia mampu memaksimalkan peran Leonard dan George, tanpa mengistimewakan salah satu diantara bintang-bintang Clippers tersebut. (tor)

Foto: twitter.com/nba

Komentar