IBL

Kepala pelatih Tyronn Lue sedikit mengubah gaya permainan LA Clippers saat mereka bertandang ke markas Miami Heat, American Airlines Arena, pada Kamis malam, waktu Amerika Serikat. Clippers yang tampil tanpa Kawhi Leonard dan Paul George kali ini mengandalkan kerjasama tim. Clippers bisa dibilang beruntung, karena mampu bertahan dari kebangkitan Heat di kuarter keempat. Clippers menang tipis 109-105.

Kedua tim, Clippers dan Heat, hanya tampil dengan sembilan pemain saja. Clippers tanpa Leonard dan George, sedangkan Heat bertumpu pada pemain muda seperti Tyler Herro, Duncan Robinson, Kendrick Nunn, dan Bam Adebayo.

Heat unggul 33-19 di kuarter pertama. Heat bisa memanfaatkan lemahnya pertahanan di luar busur, sehingga mereka mampu memasukkan tujuh tripoin. Clippers membalas di kuarter kedua. Mereka memasukkan lima tripoin yang membuat Clippers menyusul 48-50 saat turun minum.

Hujan tripoin kembali terjadi di kuarter ketiga. Kali ini Clippers memasukkan lima tembakan tripoin beruntun di lima menit kuarter ketiga. Mereka menambahkan tiga tripoin lagi sebelum kuarter ketiga ditutup. Clippers unggul 40-19 (88-69). Kemudian, Heat bangkit di kuarter keempat. Lewat performa menawan Herro dan Adebayo, Heat memperkecil kedudukan menjadi 100-106 di sisa 45 detik.

Dua tembakan gratis Morris menjauhkan Clippers, 108-100. Tapi dalam 20 detik terakhir, Heat menambahkan lima poin lewat layup dan slam dunk Adebayo, serta tembakan gratis Herro. Upaya Heat dalam percobaan tripoin terakhir gagal. Sehingga mereka harus menerima kekalah dengan margin empat poin (105-109).

Menariknya, dalam pertandingan tersebut tidak ada satu pun pemain dari kedua tim yang mencetak 20 poin. Di tim Miami Heat, Tylerr Herro mencetak 19 poin dan 10 rebound. Gabe Vincent menyusul dengan torehan 18 poin, Bam Adebayo menyumbang 16 poin dan 13 rebound. Max Strus mencetak 12 poin, serta Kendrick Nunn dan Precious Achiuwa masing-masing menyumbang 10 poin. Sebaliknya di tim Clippers, Nicolas Batum mencetak 18 poin. Disusul Lou Williams (17 poin), Reggie Jackson (16 poin), Marcus Morris Sr. (16 poin), Terance Mann (12 poin), dan Serge Ibaka (10 poin dan 13 rebound).

Lewat kemenangan hari ini, Clippers naik ke peringkat dua dengan rekor pertandingan 14-5. Mereka bisa naik karena Los Angeles Lakers kalah 92-107 dari Detroit Pistons. Besok Clippers akan bertanding melawan Orlando Magic, di Amway Center. (tor)

Foto: nba.com

Komentar