IBL

NSH Mountain Gold Timika akhirnya pecah telur. Berhadapan dengan West Bandits di hari keempat IBL 2021, NSH akhirnya meraih kemenangan perdana mereka dengan skor akhir 76-72. Menariknya, cerita kemenangan ini dibumbui dengan aksi kebangkitan (comeback) yang luar biasa.

NSH yang tertinggal sejak tepis mula seolah akan kembali menelan kekalahan di gim ini. Tiga kuarter pertama selalu mereka tutup dengan kondisi tertinggal. Buruknya lagi, di sisa tujuh menit pertandingan, West Bandits sempat unggul hingga 18 poin, keunggulan tertinggi di gim ini. Namun, setelah keunggulan tersebut, NSH seolah menjadi tim yang berbeda. Pertahanan mereka menjadi sangat sulit dibongkar dan serangan mereka seolah tak pernah gagal. NSH mencetak total 26 poin di kuarter empat dan menahan West Bandits hanya membuat 6 poin, catatan poin terkecil dalam satu kuarter di musim ini.

Ebrahim Enguio Lopez alias Biboy jadi top skor gim. Selama 29 menit, Biboi efektif dengan 28 poin, 8 rebound, dan 3 asis. Biboy memasukkan 9 dari 17 percobaan tembakannya hari ini (52 persen). Jan Misael Panagan menjadi satu-satunya pemain NSH di luar Biboy yang menyentuh dua digit poin dengan 13 poin. NSH tampil tanpa Andre Rorimpandey di gim ini karena cedera pangkal paha.

“Ini adalah contoh pertandingan yang baik untuk kami. Bangkit dari 18 poin tertinggal di tujuh menit menunjukkan bagaimana karakter tim ini. Saya ingin tim ini tidak pernah menyerah, bermain tough selalu, dan mencari tembakan terbaik dalam setiap kesempatan. Di dua gim pertama, kami gagal menerapkan karakter tersebut dan di sini saya cukup bangga pemain bisa melakukannya dengan baik,” terang A.F. Rinaldo, Kepala Pelatih NSH.

Andre Adriano jadi top skor untuk West Bandits dengan 16 poin, 4 rebound, dan 3 asis. Widyanta Putra Teja menyusul dengan 11 poin, 5 rebound, 6 asis, dan 3 steal hasil dari 5/11 tembakan (55 persen). Pringgo Regowo melengkapi daftar dengan 10 poin.

“Kami terlena, saya bisa bilang kami secara tim sangat terlena, utamanya setelah unggul sejauh itu di kuarter empat. Kami bermain terburu-buru, terus sudah terkena team foul, dan hal ini dimanfaatkan dengan bagus oleh NSH. Tembakan jarak jauh mereka hari ini juga cukup bagus, kami sempat gambling membiarkan mereka menembak dari jauh tapi akhirnya justru itu yang menipiskan ketinggalan,” pungkas Andre Adriano usai gim kepada Mainbasket.

West Bandits akan kembali bermain esok hari dengan melawan Satria Muda Pertamina Jakarta. Sedangkan NSH akan dapat libur satu hari sebelum berhadapan dengan Prawira Bandung. (DRMK)

Foto: IBL Indonesia

 

Komentar