IBL

Entah disengaja atau tidak, yang pasti, jadwal pertandingan hari ini memang menarik. Ada duel tim yang menjadi pemimpin klasemen dari masing-masing konferensi, dan sekaligus menjadi laga terakhir keduanya di putaran pertama NBA 2020-2021. Philadelphia 76ers yang jadi tim terbaik Wilayah Timur berhasil mengalahkan Utah Jazz lewat babak overtime dengan skor akhir 131-123. Joel Embiid punya peran besar dalam kemenangan Sixers, Rabu malam, waktu setempat.

Embiid tampil dominan dengan mencetak 40 poin, 19 rebound, dan tiga assist dalam waktu 40 menit. Dia juga berhasil membuat laga harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu, dengan memasukkan tembakan tripoin di sisa enam detik (118-118). Dengan catatan tersebut, berarti Embiid sudah sembilan kali mencetak lebih dari 40 poin+ dan 15 rebound+ dalam satu pertandingan. Dia mengalahkan Charles Barkley sejak tahun 1980. Embiid juga menjadi center pertama sejak era Moses Malone (1981-1982) yang punya rata-rata 30 poin atau lebih.

Tobias Harris kali ini menyumbang dobel-dobel dengan torehan 22 poin dan 10 rebound. Harris mencetak 11 dari 13 poin Sixers di babak overtime. Ini artinya, Harris bisa juga disebut sebagai penentu kemenangan Sixers. Di sisi lain, Ben Simmons juga punya peran penting kali ini. Dia mencetak 17 poin, tujuh assist dan empat rebound, serta memperlambat laju Donovan Mitchell.

Dengan pengawalan yang ketat dari Simmons, Mitchell hanya mencetak 12 dari 34 percobaan tembakan. Dia menutup laga dengan torehan 33 poin, delapan rebound, dan enam assis. Mitchell sangat kesal dalam wawancara usai pertandingan. Timnya yang unggul 13 poin di kuarter kedua, justru kalah di babak overtime.

"Menurut pandangan pribadi saya, kami seharusnya bisa menang. Ini hanya soal konsistensi saja. Ini benar-benar di luar kendali," ucap Mitchell yang mengaku kecewa dengan kepemimpinan wasit hari ini.

Jazz memulai laga dengan baik. Mereka memimpin delapan poin (34-26) di akhir kuarter pertama. Selanjutnya, Jazz bahkan sempat mencetak keunggulan 13 poin, sebelum menutup kuarter kedua dengan keunggulan 61-52. Sixers membalikkan keadaan di babak kedua. Puncaknya, di enam detik terakhir, Embiid membuat tembakan tiga angka untuk menyamakan kedudukan sebelum waktu normal habis.

Dari hasil tersebut, tidak ada yang bergeser dari posisinya di klasemen. Sixers tetap kokoh di peringkat pertama Wilayah Timur dengan rekor 24-12. Sedangkan Jazz masih berada di puncak klasemen Wilayah Barat dengan rekor pertandingan 27-9, meski sudah kalah dua laga beruntun. Selanjutnya, kedua tim libur sampai tanggal 10 Maret waktu setempat. (tor)

Foto: nba.com

Komentar