IBL

Bintang NBA dari Los Angeles Lakers, LeBron James merespons kritik yang dilontarkan Zlatan Ibrahimovic. Menurut LeBron, Zlatan tidak merasakan hal yang sama tentang rasisme. James tidak akan berhenti untuk ikut ambil bagian dalam situasi sosial dan politik di negaranya.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan Discovery Plus, hari Kamis, 25 Februari 2021, mantan bintang LA Galaxy yang kini bermain untuk AC Milan, Zlatan Ibrahimovic melempar kritik kepada LeBron James dan para pemain NBA yang dianggap terlalu ikut campur dalam situasi sosial dan politik di Amerika Serikat. Menurut Zlatan, sebagai seorang atlet, seharusnya mereka memberi yang terbaik di lapangan saja.

(Sumber foto: We All Follow United)

Kritik tersebut dibalas oleh LeBron dalam wawancara setelah kemenangan Lakers atas Portland Trail Blazers, Jumat malam, waktu Amerika Serikat. Dengan tegas LeBron mengatakan bahwa dirinya tidak akan tinggal diam melihat hal-hal yang tidak benar terjadi di negaranya. Terutama terkait dengan situasi sosial dan politik. LeBron juga menjelaskan, platform olahraga atau profesi sebagai seorang atlet punya pengaruh yang kuat.

"Saya tidak akan pernah tutup mulut melihat hal-hal yang salah. Saya dan teman-teman tidak akan berhenti menyerukan keadilan sosial, anti rsisme, dan melawan penindasan yang terjadi pada komunitas kami. Saya menggunakan platform ini untuk memberi tahu seluruh dunia. Saya sadar betapa kuat suara saya sebagai seorang atlet," katanya, dikutip dari ESPN.

LeBron juga menyinggung Zlatan yang sebenarnya merasakan ada yang salah di sekitarnya. Bahkan sebagai orang yang bukan keturunan asli Swedia, dia mengaku memang ada tindakan rasis yang dirasakan. Karena faktanya, Zlatan punya ayah keturunan Bosnia dan ibu berdarah Kroasia. Sementara dia lahir dan besar di Swedia.

"Dia (Zlatan) sebenarnya ingin membicarakan masalah rasisme. Karena namanya belakangnya bukan nama tradisional Swedia. Dia merasakan bahwa rasisme itu terjadi. Saya berbicara demikian karena saya belajar tentang hal itu," imbuh James.

Pernyataan LeBron yang merespons kritik dari Zlatan, mendapatkan dukungan dari Dennis Schroder. Pemain Lakers asal Jerman itu mengatakan bahwa sikap Zlatan tidak selayaknya pemain Eropa.

"Zlatan. Dia sedikit berbeda. Pemain ini unik, dan punya karakter yang unik pula. Tapi saya tegaskan, setiap atlet bisa menggunakan suaranya untuk membuat perubahan di dunia," ucap Schroder.

Sejatinya, LeBron James dan Zlatan Ibrahimovic punya kesamaan. Mereka adalah atlet yang tetap tampil prima hingga usia 30-an. Keduanya juga pernah jadi ikon kota Los Angeles di musim kompetisi 2018 hingga 2019. Zlatan bermain di LA Galaxy selama dua musim. Tetapi dia pergi lantaran frustasi tidak pernah berhasil menjuara MLS. Sedangkan LeBron, pada musim keduanya bersama Lakers berhasil mendapatkan gelar juara. (tor)

Foto: Evening Standart

Komentar