IBL

Persahabatan bintang NBA LeBron James dan rapper Drake makin erat dalam beberapa tahun terakhir. Tak hanya bersenang-senang, keduanya juga terlibat dalam bisnis yang menguntungkan. Kali ini, LeBron dan Drake resmi menjadi pemegang saham salah satu klub raksasa Liga Italia, AC Milan. 

LeBron James dan Drake tidak serta merta membeli AC Milan. Karena butuh dana besar untuk menolong Il Rossoneri yang mengalami kesulitan ekonomi selama beberapa tahun terakhir. Awalnya, Paul Elliot, seorang penguasaha asal Amerika Serikat, sebagai pemilik AC Milan sudah berminggu-minggu mencari orang yang tepat untuk membeli klubnya. 

Akhirnya pada hari Rabu, 31 Agustus 2022, dicapai kesepakatan antara Paul Elliot dengan perusahaan investasi RedBird Capital Partners. Di dalam perusahaan tersebut terdapat nama LeBron James dan Drake sebagai penanam modal. 

Selain RedBird, ternyata ada Yankee Global, perusahaan yang memiliki klub bisbol New York Yankees, juga termasuk pemilik saham AC Milan sekarang. Jadi kedua klub besar dari cabang olahraga yang berbeda bisa dikembangkan bersama-sama. "Kami akan mencari peluang bersama untuk memperluas jangkauan kami. Melebarkan peluang bisnis dengan cara memiliki tim-tim besar di liga-liga olahraga tertinggi di dunia," ungkap Gerry Cardinale sebagai direktur RedBird, dalam rilis berita resmi AC Milan.

AC Milan sebagai juara Liga Champions Eropa tujuh kali mengalami masalah keuangan sejak tahun 2010. Penyebabnya adalah aliran dana Elliot Management tidak lagi deras seperti sebelumnya. Menurut media Inggris "Financial Times", RedBird membeli AC Milan seharga 1,2 miliar euro. Itu sudah termasuk mengakomodir kerugian AC Milan selama tahun 2020 hingga 2022 sebesar 194,6 juta euro. 

Gerry Cardinale inilah sosok di balik kesuksesan LeBron James dalam berinvestasi. Karena dia juga mengajak LeBron menanamkan modal ke Fenway Sports Group, yang mana mereka adalah pengelola klub Liverpool FC. Dengan kata lain, LeBron James sekarang menjadi atlet pertama yang menjadi pemilik saham di dua klub raksasa Eropa yaitu AC Milan dan Liverpool FC. Jadi bisa bayangkan bagaimana kekayaan LeBron dalam beberapa tahun ke depan. (*)

Foto: Uninterupted

Komentar