IBL

Lonzo Ball, garda tahun pertama Los Angeles Lakers, bukan sekadar atlet bola basket. Di luar lapangan, ia merupakan seorang rapper. Ia bahkan menciptakan sebuah album bertajuk “Born 2 Ball” Februari 2018 lalu. Ia mendedikasikan kumpulan lagu itu untuk keluarganya, terutama sang ayah, LaVar Ball.

Kiprahnya di dunia rap tentu menggelitik orang untuk bertanya lebih jauh tentang musik favoritnya. Maka, setelah ia mengeluarkan lagu-lagu tersebut, para pewarta bertanya tentang siapa rapper favorit Lonzo Ball. Beberapa media pop, gaya hidup, dan olahraga seperti Complex, XXL, Uproxx, dan Bleacher Report menyebutkan lima nama populer.

Drake

Drake, rapper asal Kanada, saat menonton pertandingan tim kesayangannya—Toronto Raptors. Foto: NBC Sports

 

Nama Drake mestinya tidak asing lagi. Musisi bernama lengkap Aubrey Drake Graham ini seringkali hadir di laga-laga NBA, terutama ketika mendukung tim favoritnya—Toronto Raptors. Ia mendukung Raptors karena tim itu merupakan satu-satunya wakil Kanada di NBA, dan Drake adalah orang Kanada.

Kiprah Drake di dunia hiburan tentu sudah malang melintang. Bukan hanya tampil di panggung sebagai seorang rapper, ia juga bisa tampil di layar kaca maupun layar lebar. Drake tampil setidaknya di 21 serial televisi dan film.

Jika berbicara musik, Drake tentu punya karir yang gemilang. Ia memiliki empat lagu dengan gelar tripel platinum di Amerika Serikat. Lagu-lagu seperti “Best I Ever Had”, “Jumpman”, “Over”, dan “Hold On, We’re Going Home” adalah bukti kesuksesannya di dunia hiburan. Itu belum lagi dihitung dengan lagu-lagu lain yang tidak kalah sukses.

Quavo dan Offset (Migos)  

Quavo (tengah) dan Offset (kiri) bersama saudaranya, Takeoff, yang tergabung dalam grup musik Migos. Foto: GQ 

 

Nama Quavo seharusnya juga tidak asing lagi di telinga para penggemar NBA. Pada gelaran All-Star Weekend Februari 2018 lalu, Quavo berhasil menjadi pemain terbaik dalam NBA All-Star Celebrity Game. Saat itu ia mencetak 19 poin, 5 rebound, dan 3 asis.

Quavious Keyate Marshall, begitulah nama aslinya, terkenal sejak tampil bersama grup musik Migos. Ia juga punya grup rap dengan nama Huncho Jack. Namun, namanya semakin melambung berkat lagu-lagunya di luar grup musik tersebut. Lagu bertajuk “I’m the One” hasil kolaborasinya dengan DJ Khaled, misalnya, terpilih sebagai lagu rap/hip-hop favorit di ajang American Music Award dan Teen Choice Award.

 

Sementara itu, Kiari Kendrell Cephus alias Offset merupakan personel Migos lainnya sekaligus sepupu Quavo. Ia merupakan artis asal Lawrenceville, Georgia, yang jadi rapper favorit Lonzo lainnya. Offset memang tidak segemilang Quavo, tapi ia dan sepupunya itu sukses membawa Migos terkenal di Amerika Serikat.

Future

Future, rapper Amerika Serikat, ketika tampil di atas pentas. Foto: Scott Roth/Invision/AP 

 

Nayvadius DeMun Wilburn alias Future merupakan rapper asal Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Ia merupakan rapper yang pada mulanya terlibat dalam Dungeon Family, sebuah musikal kolektif di Amerika Serikat. Namun, kiprahnya di dunia hiburan kemudian membawanya ke label-label lain dan membuat labelnya sendiri—Freebandz.

 

Sebagai seorang rapper, Future juga memiliki karir yang malang melintang. Lagu-lagu dan album-albumnya seringkali masuk nominasi penghargaan-penghargaan bergengsi di Amerika Serikat dan Kanada. Pada 2016 lalu, misalnya, Future dan Drake terpilih sebagai grup terbaik di BET Award. Keduanya juga sukses meraih gelar Best Hip Hop Video dalam Much Music Video Awards bersama P Reign atas karyanya bertajuk ”DnF”. 

21 Savage

21 Savage, rapper muda favorit Lonzo Ball, ketika tampil di atas pentas. Foto: Complex

 

21 Savage menarik perhatian lewat proyek extended play (EP) “Free Guwop” dan “Savage Mode” pada 2015-2016. Ia lalu merilis album debutnya bertajuk “Issa Album” setahun berselang. Rapper bernama asli Shayaa Bin Abraham-Joseph lalu semakin melambungkan namanya lewat lagu-lagu solo dan kolaborasi. Nama dan karyanya bahkan masuk ke dalam nominasi dua ajang bergengsi BET Awards dan iHeartRadio Music Awards. Lagu hasil kolaborasinya dengan Post Malone berjudul “Rockstar” bahkan menembus peringkat satu di Billboard Hot 100.

Foto: Tony Gutierrez/Associated Press via NBC

Komentar