IBL

Persona Sang Raja masih belum surut. Buktinya, jersey LeBron James menduduki peringkat pertama untuk penjualan seragam tim NBA di musim 2020-2021. Gelar juara musim lalu menjadi salah satu faktor pendukungnya.

LeBron James ternyata masih dicintai penggemar NBA. Di tengah sinar bintang-bintang Brooklyn Nets dan keperkasaan Utah Jazz, ternyata tidak menyilaukan bagi penggemar NBA untuk tetap membeli seragam Lakers, khususnya yang bernomor punggung "23" milik James.

Fakta tersebut diungkap oleh Marc Stein dari New York Times. James masih menduduki peringkat teratas untuk penjualan jersey pemain NBA. Menurut Marc, ada dua faktor penting yang mendasari para penggemar membelinya. Pertama, James adalah aktor utama keberhasilan Lakers menjadi juara NBA 2020 yang bersejarah. Karena dia berhasil mengakhiri paceklik gelar Lakers setelah hampir 10 musim.

Faktor pendukung kedua, masih bersinggungan dengan isu sosial-politik yang terjadi di Amerika Serikat. James sangat vokal dalam perjuangan keadilan sosial. James juga aktif menyuarakan agar komunitas Kulit Hitam memberikan suaranya dalam pemilu Amerika Serikat akhir tahun lalu. Hal tersebut ternyata bisa berpengaruh pada penjualan merchandise NBA.

Menariknya, data dari Marc Stein menunjukkan bahwa Luka Doncic menduduki peringkat kedua dalam hal penjualan jersey NBA. Pemain yang baru tiga tahun di NBA tersebut sudah mampu mencuri hati para penggemar. Ada indikasi bahwa pembeli terbesar untuk jersey Luka Doncic berasal dari luar Amerika Serikat.

Di tempat ketiga, ada bintang Brooklyn Nets Kevin Durant. Kemudian di peringkat keempat ada Stephen Curry dari Golden State Warriors, di posisi kelima ada Giannis Antetokounmpo dari Milwaukee Bucks. Dari lima besar tersebut, hanya Luka Doncic yang tidak memiliki gelar MVP NBA. Sementara itu, dilihat dari riwayat juara, Luka dan Giannis belum pernah juara NBA.

Marc Stein memperkirakan akan terjadi pergeseran setelah pertengahan musim ini dimulai. Dia menulis bahwa ada peluang jersey Brooklyn Nets bakal laku keras di putaran kedua. Sebab, mereka sekarang punya empat pemain berlabel bintang yaitu Durant, James Harden, Kyrie Irving, dan terakhir Blake Griffin yang baru saja bergabung. (tor)

Foto: Basketball Forever

Komentar