IBL

Blake Griffin dari Detroit Pistons dan Andre Drummond dari Cleveland Cavaliers sepakat dengan timnya masing-masing untuk mencabut namanya dari line-up, sejak 15 Februari 2021. Keduanya sedang menunggu kejelasan masa depan mereka. Sementara itu, batas waktu pertukaran pemain ditetapkan tanggal 25 Maret 2021.

Setahun lalu, Griffin dan Drummond sama-sama memperkuat Pistons. Kemudian pada Februari 2020, Drummond dikirim ke Cleveland. Namun kali ini, kedua pemain bernasib sama. Mereka sepakat dengan timnya masing-masing untuk tidak bermain sampai ada kejelasan tentang masa depannya. Kabarnya, kedua tim tengah mencari kesepakatan yang cocok untuk pertukaran pemain.

(Sumber foto: ESPN)

Griffin yang akan berulang tahun ke-32 pada bulan Maret nanti, sudah setuju namanya dikeluarkan dari roster Pistons. Griffin sudah membela Pistons sejak Januari 2018 silam. Griffin memang seorang pemain dengan kaliber bintang di LA Clippers sampai tahun pertama di Pistons. Namun kondisi fisiknya terus menurun, terutama setelah beberapa cedera menghampiri.

Musim ini, Griffin bermain 20 kali dari total 27 pertandingan Pistons. Dia mencetak rata-rata 12,3 poin, 5,2 rebound, dan 3,9 assist dalam 31 menit di lapangan. Sulit bagi Pistons untuk menemukan tim yang mau diajak bertransaksi, terutama melihat kontrak yang dikantongi Griffin. Dia masih punya gaji AS$36,6 juta musim ini, dan AS$39 juta untuk musim depan.

" Saya berterima kasih kepada Pistons karena memahami apa yang ingin saya capai dalam karier saya. Kami akan bekerja sama untuk menemukan jalan terbaik," kata Griffin, dikutip dari ESPN.

Manajer Pistons, Troy Weaver berencana membangun kembali timnya dengan pemain yang usianya relatif muda. Sebagai langkah awal, Weaver sudah mengirim Derrick Rose ke New York Knicks. Lalu sekarang mereka berniat melepaskan Blake Griffin.

(Sumber foto: USA Today)

Sementara itu, Andre Drummons sudah lebih dulu pergi dari Pistons di awal tahun 2020. Namun kini bernasib sama seperti Griffin. Drummond akan ditarik dari line-up sampai Cavs menemukan transaksi yang tepat untuk menukar Drummond.

Kali ini, situasi Drummond lebih sulit ketimbang Griffin. Drummond memang mencetak rata-rata 17,5 poin dan 13,5 rebound dalam 25 pertandingan musim ini. Tetapi manajemen Cavs lebih senang dengan Jarrett Allen. Bigman muda yang didapatkan dari pertukaran yang melibatkan Houston Rockets dan Brooklyn Nets. Cavs tidak akan memainkan Drummond mulai 15 Februari 2021. Ironisnya, menurut ESPN, Cavs belum menerima tawaran serius dari tim-tim NBA lainnya. Drummond sekarang memegang kontrak tahun terakhir dengan nilai AS$28,7 juta.

Sebenarnya kepala pelatih JB Bickerstaff sudah bereksperimen dengan memainkan Drummond dan Allen bersama. Tetapi tidak berhasil, Cavs masih kalah di area perimeter. Sementara, Kevin Love dikabarkan bakal bergabung kembali setelah rehabilitasi cedera betisnya berjalan lancar. Jadi keberadaan Drummond kurang dibutuhkan di Cavs. (tor)

Foto: Piston Powered

Komentar