IBL

Detroit Pistons menjamu Philadelphia 76ers di Little Caesars Arena, Detroit, Michigan, Amerika Serikat, Selasa malam, 23 Oktober 2018, waktu setempat, berbekal tren positif. Menjadi satu dari tiga tim yang belum tersentuh kekalahan di dua laga awal, Pistons tentu ingin memperpanjang torehan bagus mereka. Namun, Sixers yang juga dalam rentetan dua kemenangan beruntun tak mau menyerah begitu saja meski tidak diperkuat pemain andalan mereka, Ben Simmons, lantaran cedera punggung.

Laga berlangsung sengit terbukti dengan selisih poin kedua tim yang hanya tiga poin di paruh pertama pertandingan untuk keunggulan Sixers. Laga semakin seru di kuarter akhir setelah kedua tim saling balas poin di satu menit terakhir. Bahkan, tembakan dari Blake Griffin di sisa 34 detik terakhir berhasil memaksa laga berlanjut ke babak tambahan waktu.

Di lima menit babak tambahan, kedua tim kembali menunjukkan semangat juang luar biasa. Garda tembak Sixers, J.J. Redick membuat pendukung Pistons terdiam melalui tripoin plus satu lemparan gratisnya di sisa lima detik laga. Pistons yang mengambil timeout setelah kejadian tersebut memanfaatkannya dengan skema sempurna untuk Griffin yang berbuah dua poin plus satu lemparan gratis. Sixers gagal membalas di sisa dua detik laga dan Pistons menang, 133-132.

Griffin menjadi penyelamat sekaligus bintang tim pada laga kali ini. Ia mencatatkan torehan poin tertinggi sepanjang karirnya dengan 50 poin, 15 rebound, dan 7 asis. Akurasi keseluruhannya mencapai 58 persen dan memasukkan 5/11 tripoin. Sebelumnya, torehan poin tertinggi Griffin dalam satu laga adalah 47 poin saat ia masih membela Los Angeles Clippers.

Reggie Jackson menyusul dengan 23 poin sementara Ish Smith yang memulai laga dari bangku cadangan mencetak 21 poin. Senter, Andre Drummond, juga mencetak dobel-dobel dengan 14 poin dan 14 rebound. Sayangnya, pemain yang akrab disapa Dre ini harus keluar lebih cepat setelah terkena ejected di detik-detik akhir kuarter empat akibat perselisihan dengan Embiid. Reggie Bullock melengkapi daftar pencetak angka dengan digit ganda setelah mengemas 17 poin dan 3 asis.

Enam pemain Sixers tampil dengan torehan dua digit angka. Embiid setia sebagai top skor tim dengan 33 poin, 11 rebound, dan 7 asis. Jumlah poin tersebut menjadi yang tertinggi sepanjang empat laga yang sudah ia mainkan. Redick yang memulai laga dari bangku cadangan menciptakan 30 poin, 5 rebound, dan 6 asis. Meski bangku cadangan, total Redick tercatat bermain selama 37 menit, lebih banyak dari ruki, Landry Shamet, yang bermain sebagai starter dengan 24 menit dan “hanya” berkontribusi 5 poin dan 2 rebound.

Robert Covington menambahkan 16 poin dan 9 rebound, Dario Saric menyusul dengan 14 poin dan 8 rebound, sementara Markelle Fultz  yang hanya bermain 21 menit mengemas 13 poin dan 5 rebound. T.J. McConnell melengkapi daftar dengan 10 poin dan 9 asis.

Kemenangan ini membuat Pistons belum tersentuh kekalahan di tiga laga awal mereka dan sejajar dengan Toronto Raptors dan Milwaukee Bucks. Sementara bagi Sixers, kekalahan ini membuat persentase kemenangan mereka turun di angka 50 persen dengan dua kemenangan dari empat laga.

Selanjutnya, Sixers masih akan berstatus sebagai tamu dengan bertandang ke markas Bucks, Rabu, 24 Oktober 2018, waktu setempat. Sebaliknya, Pistons masih akan tinggal di kandang mereka dengan menjamu Cleveland Cavaliers, lusa, waktu setempat.

Foto:Twitter, @DetroitPistons

 

Komentar