IBL

Detroit Pistons bermain di markas sendiri untuk menghadapi Houston Rockets dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Pasukan Kepala Pelatih Dwane Casey itu pun memaksa tamunya bermain sampai ke babak tambahan (overtime). Mereka bahkan menutup pertandingan dengan kemenangan 116-111 di Little Caesar Arena, Detroit, Michigan, Amerika Serikat, Jumat 23 November 2018 waktu setempat.

Duet pemain besar (big man) Pistons, Blake Griffin dan Andre Drummond, menjadi momok mengerikan bagi Rockets hari ini. Griffin mencetak 28 poin, 8 rebound, dan 4 asis. Drummond mengumpulkan dobel-dobel 23 poin 20 rebound dengan akurasi tembakan mencapai 50 persen. Reggie Jackson lalu menambahkan 17 poin dan 6 asis.

Sementara itu, di kubu Rockets, senter Clint Capela menjadi lawan sepadan Drummond setelah membukukan dobel-dobel 29 poin dan 21 rebound. James Harden, pemain terbaik NBA 2017-2018, menjadi pencetak angka terbanyak dengan 33 poin. Chris Paul lalu menyumbang tambahan 17 poin. Namun, perolehan poin fantastis itu tidak juga menyelamatkan mereka dari kekalahan. Pistons berhasil memutus tren lima kemenangan beruntun Rockets dengan memanfaatkan permainan di bawah ring.  Padahal klub asal Houston itu bisa bermain ketat sejak awal pertandingan.  

Di kuarter pertama, misalnya, Pistons hanya unggul empat poin (34-30). Saat itu, kedua belah pihak cenderung bermain di bawah ring sehingga Drummond dan Griffin seringkali bertemu Capela di area kunci. Namun, mereka juga mewaspadai Harden karena ia bisa mengancam dari belakang busur tripoin. Akibatnya, pemain terbaik musim lalu itu pun mendapat pengawalan sampai kesulitan menembak tripoin. Ia hanya berhasil memasukkan 1 dari 5 percobaan di pertandingan ini.

Harden memang tumpul di belakang busur, tetapi ia tidak kehilangan akal. Ia masih bisa melakukan penetrasi untuk mendulang poin di pertandingan ini sehingga Rockets terus menempel ketat sampai kuarter dua. Pistons saat itu hanya bisa unggul lima poin (61-56).

Di kuarter tiga, Harden dkk. meroket. Mereka mencetak 23 poin lagi sementara Pistons hanya 17. Upaya mereka itu membuat klub asuhan Mike D’Antoni berhasil membalik keunggulan meski dengan skor tipis 79-78. Dengan skor setipis itu, kedua tim pun harus melaju ke babak tambahan setelah imbang 98-98.

Rockets memiliki satu babak lagi untuk memenangkan pertandingan, tetapi Griffin kemudian memupus harapan mereka dengan eksplositivitasnya. Forwarda andalan Pistons itu mencetak 13 poin di kuarter empat dan babak tambahan; menghancurkan Rockets dengan perlahan-lahan lalu menang 116-111.

Dengan kemenangan itu, Pistons pun merengkuh 9 kemenangan dengan 7 kekalahan di awal 2018-2019 ini. Mereka akan bertanding lagi lusa dengan menghadapi Phoenix Suns. Di sisi lain, Rockets akan bertemu Cavaliers besok. (GNP)

Foto: nba.com

Komentar