IBL

Detroit Pistons menjalani awal musim yang baik dengan selalu meraih kemenangan di tiga laga awal mereka. Kamis malam, 25 Oktober 2018, waktu setempat, tim yang kini diasuh oleh Dwane Casey tersebut berusaha mempertahankan laju positif mereka dengan menjamu Cleveland Cavaliers yang selalu kalah dalam empat laga awal mereka di Little Caesars Arena, Detroit Michigan, Amerika Serikat.

Tren baik tersebut dikonversi para pemain Pistons dengan permainan yang dominan. Ditambah absennya Kevin Love di pihak Cavaliers, Pistons makin leluasa mendikte permainan Cavaliers. Hasilnya, Pistons tak sekalipun dalam posisi tertinggal sepanjang laga dan menutupnya dengan kemenangan 110-103.

Kehilangan Love benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh Pistons terutama untuk meraup bola pantul (rebound). Total, Pistons berhasil merebut 48 rebound sementara Cavaliers hanya 30 rebound. Dari 48 rebound tersebut, 13 di antaranya terjadi saat menyerang atau offensive rebound.

Dua tokoh utama Pistons merebut rebound tentu saja duo bigman mereka, Andre Drummond dan Blake Griffin. Drummond tampil bak monster di laga ini dengan mengumpulkan dobel-dobel 26 poin dan 22 rebound selama 37 menit. Ini adalah kali ke-20 Drummond menorehkan catatan minimal 20 poin dan 20 rebound dalam satu laga sepanjang karirnya. Jumlah tersebut lebih banyak tujuh kali dari seluruh pemain di NBA sejak Drummond masuk ke liga pada 2012-2013. DeMarcus Cousins adalah pemain terdekat dengan pencapaian Drummpnd dengan 15 kali membukukan catatan tersebut.

Setali tiga uang, Griffin juga mencetak dobel-dobel dengan 26 poin plus 10 rebound. Reggie Jackson menyusul keduanya dengan 16 poin dan 4 asis sementara Ish Smith melengkapi daftar pencetak angka dengan digit ganda usai mengemas 10 poin dan 4 asis.

Secara perolehan poin, Cavaliers bisa dibilang lebih merata dari Pistons setelah enam pemain mereka mencetak poin dengan digit ganda. Sayangnya, hanya dua pemain utama (starter) yang mampu melakukan hal tersebut dan sisanya adalah pemain cadangan. George Hill mengemas 15 poin sementara Rodney Hood mencatatkan 10 poin sebagai wakil dari pemain starter.

Kyle Korver menjadi top skor tim dengan 21 poin dan 2 rebound hanya selama 22 menit bermain. Pemain yang tampil di Asian Games Jakarta – Palembang 2018 lalu, Jordan Clarkson, menyusul dengan 18 poin. Ruki, Collin Sexton membukukan 14 poin sementara Larry Nance Jr. melengkapi daftar dengan 11 poin, 6 rebound, dan 5 asis. Torehan enam rebound Nance sama dengan jumlah rebound Cedi Osman. Selain dua pemain ini, tidak ada pemain lain yang mampu mengumpulkan rebound lebih dari empat.

Kemenangan ini menjaga kesucian Pistons di empat laga awal mereka dan membuat mereka sejajar dengan Toronto Raptors serta Milwaukee Bucks sebagai tim “suci” di empat laga awal musim ini Wilayah Timur. Sementara bagi Cavaliers, kekalahan kelima beruntun ini membuat mereka menjadi tim dengan rekor terburuk sejauh ini. Selain Cavaliers, hanya ada Oklahoma City Thunder yang belum meraih kemenangan hingga tiga laga awal mereka.

Selanjutnya, Pistons akan menghadapi tantangan serius dengan menjamu Boston Celtics, lusa. Sementara Cavaliers akan memulai rangkaian tiga laga kandang mereka dengan melawan Indiana Pacers di hari yang sama.

Foto: Twitter, @NBA

 

Komentar