IBL

Detroit Pistons menodai kembalinya Stephen Curry ke skuat Golden State Warriors. Pasukan Kepala Pelatih Dwane Casey itu menumbangkan Curry dan timnya dengan skor 111-102 di Little Caesar Arena, Detroit, Michigan, Amerika Serikat, Sabtu 1 Desember 2018 waktu setempat. Blake Griffin, forwarda Pistons, menjadi salah satu dalang yang menodai kembalinya Curry dari cedera kunci paha yang menepikannya sejak bulan lalu.

Griffin mencetak 26 poin, 6 rebound, dan 5 asis di pertandingan ini. Stanley Johnson kemudian membantunya dengan 19 poin walau bermain dari bangku cadangan. Johnson memasukkan sekiranya 50 persen tembakannya di pertandingan ini.

Selain kedua pemain itu, Andre Drummond, senter, juga gemilang dengan dobel-dobel 16 poin dan 19 rebound. Garda utama Reggie Jackson memberi 17 poin. Ish Smith menambahkan 11 poin.

Pistons memenangkan pertandingan setelah menahan tripoin Warriors di angka 23,1 persen. Padahal Warriors selama ini terkenal sebagai tim dengan tembakan-tembakan tripoin. Kembalinya Curry ternyata tidak serta merta membuat mereka bisa menghujani Pistons dengan tembakan-tembakan di belakang busur. Pistons justru memaksa lawannya bermain di dekat ring sementara mereka memiliki dua pemain bintang berbadan besar (bigman) seperti Griffin dan Drummond.

Kendati demikian, Warriors pada mulanya bisa bermain ketat dengan skor imbang 24-24 di kuarter satu. Piston baru bisa unggul di kuarter selanjutnya setelah mencetak 30 poin lagi, sementara Warriors hanya 22. Akibatnya, Griffin dkk. pun surplus delapan poin (54-46) di kuarter dua dengan akurasi tembakan mencapai 42,3 persen. Sementara itu, Warriors sedikit di bawahnya dengan 41,9 persen, tetapi tripoinnya sangat buruk (10 persen).

Meski memiliki akurasi tripoin yang buruk di pertandingan ini, Warriors ternyata bisa bermain ketat di kuarter tiga. Mereka unggul perolehan poin (32-31) setelah Kepala Pelatih Steve Kerr memasang Kevon Looney berdampingan dengan Damion Jones. Keduanya bisa menahan laju pemain besar Pistons sementara waktu. Namun, celaka, Jones harus keluar dari pertandingan lebih cepat karena cedera bahu kanan.

Ketika Warriors kehilangan satu pemainnya, mereka pun mengandalkan Looney untuk menahan Griffin dan Drummond bergantian. Jonas Jerebko, forwarda Warriors lainnya, berusaha membantunya meski pertahanannya tidak sebaik Jones. Sementara itu, tiga pilar utama mereka seperti Stephen Curry, Klay Thompson, dan Kevin Durant mencetak masing-masing 21, 27, dan 28 poin. Hanya saja, perolehan mereka tidak juga menyelamatkan Warriors dari kekalahan. Pistons tetap unggul karena Griffin dkk. berhasil mencetak lebih banyak poin di kuarter empat (26-24). Mereka pun menutup pertandingan dengan skor 111-102.

Dengan kemenangan tersebut, Pistons kini mencetak rekor menang-kalah 13-7. Mereka akan kembali bertanding tiga hari lagi melawan Oklahoma City Thunder. Sementara itu, Warriors (15-9) akan bertemu Atlanta Hawks di hari yang sama. (GNP)

Foto: NBA

Komentar