IBL

Semenjak dikritik lantaran terlalu banyak protes ke wasit, Luka Doncic tampil semakin baik. Dalam gim terbaru Dallas Mavericks melawan New Orleans Pelicans, Jumat, 12 Februari 2021, waktu setempat, Luka tampil trengginas. Selama 40 menit di lapangan, ia mencetak 46 poin, 8 rebound, dan 12 asis untuk membawa Mavericks memenangi gim yang digelar di American Airlines Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat, dengan skor akhir 143-130.

Catatan 46 poin adalah yang tertinggi dalam satu gim sepanjang karier Luka. Catatan terbaik sebelumnya adalah 41 poin. Secara keseluruhan karier, Luka mencatatkan tujuh kali 40+ poin, yang merupakan terbanyak ketiga dalam sejarah Mavericks. Menariknya, Luka adalah satu-satunya pemain yang setiap mencetak setidaknya 40 poin, ia juga mencetak setidaknya 10 asis. Luka memasukkan 17/30 tembakan (57 persen) di gim hari ini, termasuk di dalamnya 5/8 tripoin (62 persen).

Pun begitu, kemenangan hari ini tak bergantung pada Luka semata. Kristaps Porzingis memberi bantuan berarti dengan catatan 36 poin dan 7 rebound. Porzingis juga sangat efektif baik dari tripoin atau keseluruhan tembakan. Ia memasukkan 8/13 tripoin (61 persen) dan 13/21 (62 persen) secara keseluruhan. Delapan tripoin tersebut adalah jumlah tripoin masuk tertinggi sepanjang karier Porzingis. 

Dorian Finney-Smith yang berfungsi sebagai spesialis tripoin dan bertahan Mavericks menambahkan 14 poin dan 5 rebound hasil dari 4/5 tripoin (80 persen). Josh Richardson menyusul dengan 11 poin sedangkan Jalen Brunson memimpin barisan bangku cadangan dengan membukukan 13 poin, 6 rebound, dan 7 asis.

Pelicans juga memberi perlawanan berarti yang dipimpin oleh duet Zion Williamson dan Brandon Ingram. Zion tampil sangat efektif dengan 36 poin hasil dari 14/15 tembakan (93 persen). Ingram menyusul dengan 30 poin, 5 rebound, dan 5 asis dari 11/23 tembakan (48 persen). Eric Bledsoe pun wangi di gim ini dengan 4/4 tripoin dan total 16 poin. Namun, catatan-catatan ini tak cukup untuk menghentikan Mavericks yang sangat tajam hari ini.

Hasil ini membuat Mavericks tak terkalahkan dalam empat gim terakhir mereka. Selain itu, Mavericks secara tim berhasil memecahkan rekor mereka sendiri dalam urusan tripoin masuk. Hari ini, anak-anak asuh Rick Carlisle total memasukkan 25 tripoin dari 45 percobaan (56 persen). Mavericks duduk di peringkat 11 klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor (13-14). Pelicans sendiri tepat di bawah mereka dnegan rekor (11-14).

Mavericks masih akan bertahan di kandang mereka untuk menjamu Portland Trail Blazers, lusa, waktu setempat. Sedangkan Pelicans masih akan menjadi tim tamu untuk gim selanjutnya dengan menyambangi kandang Detroit Pistons, di hari yang sama. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar