IBL

Michael Jordan memenangkan kontes slam dunk di NBA All-Star 1987 dan 1988. Mendiang Kobe Bryant mendapatkan gelar yang sama di tahun 1997. Bagaimana dengan LeBron James? Menginjak tahun ke-18 dalam kariernya, James belum pernah berpartisipasi dalam kontes slam dunk. Ternyata ada alasan yang mendasari keputusan tersebut.

Pada tahun 2010, James pernah menjawab pertanyaan Cheryl Miller dari TNT Sports, tentang kemungkinan ikut dalam kontes slam dunk NBA All-Star di tahun itu. Namun pada akhirnya, James tidak ikut kontes tersebut. Lalu pada tahun 2012, kabar dari Fox Sports Florida menyebutkan bahwa James tidak ingin ikut karena merasa terlalu tua.

"Saya sudah terlalu tua untuk itu (kontes slam dunk)," kata James, yang berstatus sebagai pemain Miami Heat. "Ada saat saya ingin ikut. Tapi saya juga harus bertanding di All-Star Game. Jadi saya tidak ingin mengambil risiko cedera."

Kemudian, Chris Haynes dari Yahoo Sports akhirnya menemukan fakta bahwa James sebenarnya ingin ikut kontes slam dunk. Itu terjadi pada musim 2005-2006. Di musim ketiga dalam kariernya bersama Cleveland Cavaliers, James saat itu tengah dalam performa terbaiknya. Tetapi saat namanya akan dimasukkan dalam kontes tersebut, James mengalami cedera ringan.

Sampai akhirnya, ada penjelasan dari rekan James, Rob MC, di aplikasi Club House milik Walklikeus. Menurutnya, James punya alasan khusus dengan tidak mengikuti kontes terebut.

"Setelah tahun 2000, kontes slam dunk mengalami penurunan pamor. Khususnya ketika bintang-bintang top NBA menarik diri dari kontes tersebut," kata Rob, dikutip dari fadeawayworld.net.

"Mudah-mudahan semua penggemar basket mengerti bahwa syarat untuk menjadi bintang akan berbeda di masing-masing era. James tetap jadi bintang yang kompetitif, meski tidak ikut kontes slam dunk. Dia adalah pemain yang pernah bangkit dari ketertinggalan 1-3 di final NBA, melawan tim terbaik dalam sejarah liga," imbuh Rob, mengingatkan bahwa James pernah menang 4-3 dari Golden State Warriors di final tahun 2016.

Rob menjelaskan, banyak pemain hebat lainnya yang tidak berpartisipasi dalam kontes slam dunk NBA. Sebaliknya, banyak pemenang kontes slam dunk NBA, yang justru tidak berada dalam level permainan seperti LeBron James. Meski James tidak pernah juara kontes slam dunk, namun dia memenangkan empat gelar juara NBA dalam 10 penampilan final.

James memang tidak pernah ikut kontes tersebut, namun dalam setiap pertandingan, dia selalu menyisipkan aksi-aksi slam dunk yang spektakuler. Fokus James sekarang hanya memenangkan kembali gelar juara NBA bersama Los Angeles Lakers. (tor)

Foto: USA Today

Komentar