IBL

Mental juara dari seorang LeBron James mampu menyelamatkan Los Angeles Lakers di laga melawan Oklahoma City Thunder pada Rabu malam, waktu Amerika Serikat, di Staples Center. James mencetak tripoin yang di menit akhir waktu normal agar laga bisa dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Dia juga membuat satu assist penting yang dikirim ke Wesley Mathews untuk bisa mengunci kemenangan tipis 114-113.

James tahu betul apa yang dibutuhkan oleh timnya. Lakers tertinggal hampir di sepanjang pertandingan. Bahkan Thunder sempat memimpin 20 poin (43-23) di awal kuarter kedua lewat tripoin Darius Miller. Namun Lakers tidak menyerah begitu saja. Mereka membuat permainan bagus di kuarter ketiga hingga mampu mendekat 80-84 di akhir kuarter ketiga.

Sampai kuarter ketiga, James baru mencetak 15 poin saja. Namun dia tahu bahwa Lakers butuh tenaganya di kuarter terakhir. James sudah mencetak tujuh poin hingga sisa waktu satu menit kuarter keempat. Posisi Lakers masih terjepit. Setelah three point play Luguentz Dort. Thunder menambah keunggulan jadi tiga poin (105-102) lewat dua tembakan gratis Horford.

Di tengah kondisi genting, James mengambil ditunjuk sebagai eksekutor bola terakhir. Dennis Schroder yang bertugas melakukan in-bounce langsung memberikan pada Montrezl Harrell. James langsung menghampiri dari belakang, lalu melepaskan tembakan tripoin mematikan. Skor berubah sama kuat (105-105), dan waktu normal pun berakhir.

James memang tidak mencetak poin sama sekali di babak overtime. Namun dia membuat satu assist yang penting. Di sisa waktu 41 detik, James mengirim assist kepada Wesley Mathews yang berdiri tanpa penjagaan lawan di corner. Tripoin tersebut membuat Lakers bisa unggul 114-111. Meski Dort mencetak dua angka dengan layup di 30 detik terakhir. Tapi Lakers tetap menang dengan skor tipis 114-113.

LeBron James membuat 25 poin, tujuh assist, dan enam rebound di laga tersebut. Disusul Montrezl Harrell (20 poin) dan Wesley Mathews (10 poin). Keduanya muncul dari bangku cadangan. Kemudian di tim inti, Dennis Schroder membukukan 19 poin, dan Kyle Kuzma menyumbang 15 poin. Lakers sudah menang enam laga beruntun, dan membuat rekor pertandingan jadi 20-6. Sebaliknya, di kubu Thunder, Al Horford mengoleksi 25 poin, delapan rebound, dan delapan assist. Lalu Kenrich Williams mencetak 24 poin.

Lakers masih bermain di Staples Center untuk laga berikutnya. Mereka akan menyambut Memphis Grizllies pada hari Jumat, 12 Februari waktu Amerika Serikat. Sementara, Thunder harus segera berkemas. Karena mereka akan bertandang ke Pepsi Center untuk berlaga melawan Denver Nuggets. (tor)

Foto: NBC Los Angeles

Komentar