IBL

Phoenix Suns tidak menemui kesulitan ketika berhadapan dengan Golden State Warriors. Mereka justru dominan di babak kedua, dan sempat unggul 28 poin. Suns menang 114-93 atas Warriors di Talking Stick Resort Arena, Kamis malam, waktu Amerika Serikat.

Kepala pelatih Steve Kerr menemukan ramuan jitu mengatasi kelemahan pertahanan timnya. Mereka sukses menang dua kali atas Minnesota Timberwolves. Namun faktanya, pertahanan Warriors di paint area belum benar-benar teruji. Sebab, Wolves tidak diperkuat Karl-Anthony Towns karena Covid-19. Tapi kali ini, paint area Warriors menghadapi ujian yang sesungguhnya.

Suns punya Cam Johnson, Jae Crowder dan Deandre Ayton yang menyerang dengan ganas dari bawah ring. Ketiganya membuat Suns unggul 36-29 di kuarter pertama. Warriors merespons di kuarter kedua. Tiga menit awal mereka bisa membalikkan kedudukan lewat pull-up jumper Eric Paschall (39-38). Tapi ironisnya, sampai akhir laga, hanya itu kesempatan Warriors memimpin. Karena Suns mendominasi pertandingan hingga buzzer berbunyi.

Suns mampu mengubah keuggulan lima poin (52-47) di akhir paruh pertama menjadi 87-71 di akhir kuarter ketiga. Mereka juga tidak punya masalah di kuarter keempat. Malah back-to-back three points dari Adel Nader membawa mereka unggul 100-81. Di sisa tiga menit, Nader membuat Suns unggul 28 poin (114-86) melalui dua free-throw yang jadi margin terlebar antara kedua tim.

Nader sediri membukukan 16 poin. Lalu Frank Kaminsky yang sama-sama muncul dari bangku cadangan, mencetak 12 poin, 13 rebound, dan delapan assist. Kemudian dari tim inti Suns, Mikal Bridges mengemas 20 poin, disusul Jae Crowder (16 poin), Cameron Johnson (13 poin), Chris Paul (13 poin), dan Deandre Ayton (12 poin dan 13 rebound).

Stephen Curry memimpin perolehan poin Warriors dengan 27 poin, termasuk 5 dari 10 percobaan tripoin. Andrew Wiggins menyumbang 16 poin, dan Eric Paschall 12 poin. Warriors kali ini hanya mencetak akurasi tembakan 38 persen (38 dari 99 percobaan) dan 28,9 persen dari tripoin (11 dari 38 percobaan).

Suns terlihat sangat dominan dengan unggul points in the paint (52-40), total rebound (57-48), dan assist (34-21). Suns juga membuat 11 poin dari second chance. Kemenangan atas Warriors ini membuat mereka bisa mencetak rekor pertandingan 9-8, serta mengakhiri tiga kekalahan beruntun sebelumnya.

Selanjutnya, Suns akan berhadapan dengan Dallas Mavericks pada Sabtu malam, 30 Januari waktu setempat. Sedangkan Warriors bertandang ke rumah Detroit Pistons. Tim yang sedang jadi bahan obrolan karena berhasil mengalahkan Cleveland Cavaliers dan Los Angeles Lakers dalam dua hari terakhir. (tor)

Foto: nba.com

Komentar